PENINGKATAN PRODUKTIVITAS REMAJA PADA MASA PANDEMI MELALUI PEMBUATAN MAKRAME DI DESA NGRUKEM MLARAK PONOROGO

Mughniatul Ilma, Wafiqul Azizah

Abstract


Pandemi Covid-19 berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan manusia, terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan yang semula dilaksanakan tatap muka, kini hanya dilaksanakan melalui online yang berakibat pada kurangnya produktivitas siswa, terutama masa remaja yang dipandang sebagai masa pencarian jati diri. Dalam hal ini melalui kegiatan akademika KPM-DDR IAIN Ponorogo, dipilih lah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas remaja pada masa pandemi, yakni melalui pelatihan makrame menggunakan aset yang sudah ada. Penelitian pengabdian ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) dengan melibatkan sejumlah remaja putri lingkungan Desa Ngrukem, Mlarak Ponorogo, dengan program utama pelatihan pembuatan berbagai karya seni makrame yang selanjutnya akan dipasarkan secara online dan offline. Dalam pelaksanaan pelatihan, antusiasme remaja cukup besar, mengingat karya seni makrame belum banyak diketahui. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa produktivitas remaja pada masa pandemi selama pelatihan makrame ini meningkat. Namun, perlu adanya evaluasi dan tindak lanjut untuk mendukung peningkatan ini.

Keywords


Makrame, Remaja, Produktivitas, Pandemi

References


Bariyyah Hidayati, Khoirul, dan M Farid. “Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri Pada Remaja” 5, no. 2 (Mei 2016).

Basri Harahap, Risalan. “Kesetaraan Gender dan Keadilan Gender dalam Usaha Tani Pado di Desa Tobing Julu Kec. Huristak Kab. Padang Lawas,” Jurnal Kajian Gender dan Anak, 2, no. 1 (Juni 2018).

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, dan Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi Masa Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Islam, 3, no. 1 (2020).

Diananda, Amita. “Psikologi Remaja dan Permasalahannya,” Jurnal Pendidikan dan Penyiaran Islam, 1, no. 1 (Januari 2018).

Erlanda, Rina. “Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) terhadap Tingkat Korupsi Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kota se-Sumatera),” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7, no. 2 (September 2016).

Ermi, Netti. “Peggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru,” Jurnal Sorot, 10, no. 2 (Oktober 2017).

Kammawati, Ayu, Novendra Priyo Subekti, Ermita Yusida, dan Lustina Fajar Prastiwi. “Perubahan Produktifitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19” 2, no. 1 (2020).

Kholifatur Rizqi Maulina Sudibyo, Nur, Luh Hendra Kusuma Dewi, Nurul April Yani, dan I Gusti Ketut Arya Sunu. “Penyuluhan Pentingnya Komunikasi dalam Membentuk Lingkungan Sosio-Emosional dalam Pengelolaan Desa Wisata pada Remaja di Desa Bayunggede Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha Fhis, 2, no. 1 (Maret 2021).

Latief, Abdul. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe,” Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7, no. 1 (Mei 2018).

Mallapiang, Fatmawaty, Yessy Kurniati, Sukfitrianty Syahrir, Abd. Majid HR Lagu, dan Rimawati Aulia Insani Sadarang. “Pengelolaan Sampah dengan Pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) di Wilayah Pesisir Bulukumba Sulawesi Selatan,” Jurnal Pemberdayaan, 3, no. 2 (2020).

Mardiana Bunsaman, Shafila, dan Hetty Krisnani. “Peran Orang Tua dalam Pencegahan dan Penanganan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja” 7, no. 1 (April 2020).

Maryana, Fikriah Noer, dan Fadhilah. “Daya Tarik Remaja Putri pada Produk Kerajinan Makrame,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5, no. 2 (Mei 2020).

Maulana, Mirza. “Asset-Bassed Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang,” Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4, no. 2 (Desember 2019).

Muzakki, Hawwin. “Produksi Kue Brownies sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomi Singkong di Krajan Blimbing Dolopo Madiun.” Jurnal Penelitian dan Keterlibatan Masyarakat Indonesia 1, no. 2 (2020).

Oktafia, Reni, dan Abdul Rahman Hidayat. “Penguatan Kapasitas Pelaku Bisnis Mikro melalui Penataan Pengelolaan Keuangan Usaha : Pandangan Islam” 3, no. 2 (2018).

Puspita Sari, Ria, Nabila Bunnanditya Tusyantari, dan Meidawati Suswandari. “Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19,” Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, no. 1 (April 2021).

Robandi, Dedi, dan Mudjiran. “Dampak Pembelajaran dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi,” Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, no. 3 (2020).

Rosari, Renya. “Meningkatkan Pendapatan Remaja Putri di Kelurahan Oespa melalui Usaha Ekonomi Produktif di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, no. 2 (April 2021).

Surani, Dewi, Listiawati, Merli Andini, dan Naufal Mahdy. “Pelatihan Macrame untuk Meningkatkan Keterampilan Ibu-Ibu Rumah Tangga Produktif di Lingkungan Kelurahan Dalung,” Jurnal Abdimas Bina Masyarakat, 1, no. 2 (Desember 2020).

Trisnawati, Desi, Ranelis, Wendra, dan Lucy Prasilia. “Pelatihan Pembuatan Tas Makrame bagi Remaja Putus Sekolah di UPTD Bina Harapan Remaja Padangpanjang untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha,” Jurnal Batoboh, 2, no. 1 (April 2017).

Waridah. “Berkomunikasi dengan Bahasa yang Efektif dapat Meningkatkan Kinerja,” Jurnal Simbolika, 2, no. 2 (Oktober 2016).

Wiratsiwi, Wendri, Mega Puspita Sari, dan Lulu Anggi Rosalina. “Pelatihan Pembuatan Tas dengan Teknik Makrame dari Bahan Tali Kur di Desa Binangun Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, no. 1 (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: