BUILDING STUDENT READINESS TO BECOME AGENT OF CHANGE THROUGH TRAINING IN MAKING ECOENZYME FROM ORGANIC WASTE

Wulandari Saputri, Rindi Novitri Antika, Sri Wardhani, Ertati Suarni, Nyimas Inda Kusumawati, Meli Astriani

Abstract


Mahasiswa sebagai agen of change perlu dibekali keterampilan pengelolaan sampah untuk nantinya dapat diaplikasikan dan dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat tentang cara mengolah sampah organik menjadi ekoenzim melalui biofermentasi sederhana. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan demonstrasi secara daring. Peserta kegiatan adalah mahasiswa dan masyarakat dari wilayah Palembang, OKI, Lahat, dan Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Data yang dikumpulkan berupa data kepuasan peserta terhadap kegiatan penyuluhan yang diberikan. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif. Hasil dari kegiatan ini adalah mahasiswa menjadi lebih mengenal tentang eco-enzyme dan prosedur pembuatannya. Dari total 45 peserta yang hadir, hanya 25 orang yang mengisi kuesioner. Secara keseluruhan, peserta merasa puas dengan kegiatan PKM dan mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan eco-enzim. Dengan demikian, dari kegiatan ini mahasiswa dan masyarakat memiliki pengetahuan tentang salah satu cara mengolah limbah organik rumah tangga yang selalu dihasilkan setiap harinya menjadi produk yang bermanfaat.

Keywords


bio-fermentation, eco-enzyime, organic waste, student

References


Astriani, M., Angraini, E., & Kholillah. (2020). Penyuluhan Sampah dan Teknik Pengolahannya di Kelurahan 14 Ulu Palembang. Jurnal Solma, 9(2), 361-366.

Fitriani, D.S., & Gatot, M. (2020). Gerakan produktif dengan mengolah sampah organik menjadi eco-enzyme di tengah pandemik covid-19. Jurma, 4(1), 48-53.

Jimmyanto, H., Zahri, I., Dahlan., M.H., & Putri., N.S.R. 2018). Evaluasi sistem pengelolaan sampah padat domestik di kota palembang tahun 2017. Demography Journal of Sriwijaya (DeJoS), 2(2), 1-7.

Megah, S.I., Dewi, D.S., & Wilany. (2018). Pemanfaatan limbah rumah tangga digunakan untuk obat dan kebersihan. Minda Baharu, 2(1), 50-58.

Rochyani, N., Utpalasari, RL., & Dahliana, I. (2020). Analisis hasil konversi eco enzyme menggunakan nenas (Ananas comosus ) dan pepaya (Carica papaya L.). Jurnal Redoks, 5(2), 135-140.

Septinar, H. (2018). Fenomena persampahan di lingkungan Kecamatan Kertapati Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional 21, Universitas PGRI Palemban, 183-187.

Walhisumsel.org. (2020). Tinjauan Lingkungan Hidup Sumatera Selatan. (online). https://walhisumsel.or.id/2020/01/15/tinjauan-lingkungan-hidup-sumatera-selatan/

Wikipedia.org.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: