PELATIHAN SOFTWARE APLIKASI ANBUSO DALAM PENILAIAN PEMBELAJARAN DI MI MUHAMMADIYAH PULUHAN TRUCUK KLATEN

Fery Firmansah, Triyono Triyono, Theresia Kriswianti Nugrahaningsih, Joko Sungkono, Muhammad Wahid Syaifuddin, Yuliana Yuliana

Abstract


Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah melaksanakan pelatihan software aplikasi AnBuso di MI Muhammadiyah Puluhan Trucuk Klaten. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2021. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah pelatihan dan ceramah. Analisis tingkat pemahaman peserta dibagi menjadi tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Hasil dan pembahasan diperoleh bahwa tingkat pemahaman peserta pengabdian terhadap software aplikasi AnBuso meningkatkan untuk kategori tinggi dari 12.50% menjadi 62.50%. Kesimpulannya pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman peserta terkait penggunaan software aplikasi AnBuso dalam menyelesaikan permasalahan penilaian pembelajaran. 

Keywords


AnBuso, pelatihan, penilaian pembelajaran, software aplikasi

References


Adawiah, R., & Ruchliyadi, D. A. (2019). Analisis Kualitas Soal Buatan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2). https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7554

Ariyana, L. T. (2011). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal IPA Kelas IX SMP di Kabupaten Grobogan. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1).

Muhson, A., Lestari, B., Supriyanto, & Baroroh, K. (2014). Pengembangan Software Analisis Butir Soal yang Praktis dan Aplikatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2).

Muhson, A., Lestari, B., Supriyanto, S., & Baroroh, K. (2017). The development of practical item analysis program for indonesian teachers. International Journal of Instruction, 10(2). https://doi.org/10.12973/iji.2017.10213a

Nasikhah, M., & Wahidah, Z. A. (2020). Analysis of Daily Test Items In Arabic For Muhammadiyah Elementary School Sidoarum Yogyakarta. Asalibuna, 4(2). https://doi.org/10.30762/asa.v4i2.2918

Oktavian, R., & Ofianto, O. (2019). Analisis Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X SMAN di Kota Padang Menggunakan Program AnBuso 8.0. Jurnal Halaqah.

Rabiatul Adawiah. (2020). The Application-Based Analysis of Questions Item Quality in Junior High School. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 6(2). https://doi.org/10.21009/jisae.062.04

Wahyudi, C., Zafri, Z., & Ofianto, O. (2019). Peningkatan Minat Belajar Sejarah (Pada Materi Jenis Peristiwa) Menggunakan Aplikasi “Prezi” di Kelas XI SMA. Jurnal Halaqah.

Yuwono, M. R., Aribowo, E. K., Indrayanto, B., & Firmansah, F. (2020). Pelatihan Anbuso, ZipGrade, dan Google Form sebagai Alternatif Penilaian Pembelajaran di Era Digital. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31604/JPM.V3I1.49-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: