RESIDENT DATA INFORMATION SYSTEM USING PARALLEL DEVELOPMENT METHOD AT RT.002/007 PERUMAHAN SUKARAYA INDAH

Bei Harira Irawan, Deddy Prihadi, Catur Nugroho

Abstract


Sistem pendataan warga di RT.002/007 Perumahan Sukaraya Indah Cikarang Utara pada saat ini masih dilakukan tanpa sistem informasi sehingga masih mengandalkan data manual berupa foto copy kartu keluarga saja. Hal ini menyulitkan pengurus RT untuk mengetahui data akurat warga seperti data jumlah kepala keluarga, jumlah balita, jumlah warga penghuni tetap dan mengontrak dan lainnya. Sistem informasi dibutuhkan agar seluruh data warga dapat direkap dengan baik dan tersimpan dalam sebuah database, sehingga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan data seperti di atas bisa langsung secara otomatis dapat ditarik dan dicetak. Pada kegiatan pengabdian ini melakukan observasi kebutuhan sistem informasi yang perlu dibuat dengan melakukan pendekatan metode Parallel Development dimana pada metodologi ini dilakukan desain umum dan implementasi secara berurutan untuk seluruh sistem dan kemudian proyek ini dibagi menjadi serangkaian subproyek yang berbeda yang dapat dirancang dan dilaksanakan secara paralel. Setelah semua subproyek sempurna, maka dilakukan integrasi akhir sehingga dilakukan delivery pada sistem. Target luaran berupa teknologi tepat guna yaitu aplikasi sistem online berbasis web untuk menyimpan seluruh data warga, dapat secara otomatis menarik data yang dibutuhkan pengurus RT setempat, serta dapat menyimpan data foto KK dan KTP warga. Subproyek dilakukan secara terpisah dengan membuat sistem secara modular yaitu modul data master yang sesuai data KK, modul data input warga, modul laporan sesuai kebutuhan pengurus RT, modul upload foto KK dan KTP warga serta modul grafik statistik. Pada penelitian pengabdian ini disarankan sistem dapat dikembangkan lebih lanjut untuk sistem pembayaran uang kas RT terintegrasi yang memudahkan melakukan monitoring pembayaran uang kas warga.

Keywords


sistem informasi data warga; parallel development; laporan; statistik warga, pengurus RT

References


Dennis. A, Wixom. B, and R. R. (2006). System Analysis and Design. John Wiley and Sons, Inc.

Nawangsih, I. (2017). Sistem Informasi Warga (SIMAGA) Pada RT 015 RW 012 Perumahan Grand Mutiara Gading Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL. Jurnal Pelita Teknologi, 12(April), 85–89.

Pratama, I. P. A. E. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika.

Suhartini. (2020). Perancangan Basis Data Teori. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: