IMPROVING THE ABILITY OF INFORMATIC ENGINEERING STUDENTS IN ARTIFICIAL INTELLIGENCE APPLIED TECHNOLOGY BASED ON PEER TEACHING METHOD

Muhammad Fikri Hidayattullah, Ardi Susanto, Ginanjar Wiro Sasmito

Abstract


Kurikulum pembelajaran yang saat ini diterapkan di Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika ada dua versi, yaitu kurikulum tahun 2015 dan kurikuluam tahun 2020. Kurikulum tahun 2015 belum berorientasi ke arah pengembangan aplikasi berbasis kecerdasan buatan. Sedangkan kurikulum tahun 2020 sudah didesain ke arah pengembangan aplikasi berbasis kecerdasan buatan. Saat ini mahasiswa yang masih menggunakan kurikulum tahun 2015 adalah mahasiswa semester 7. Sebentar lagi para mahasiswa tersebut akan lulus kuliah. Sedangkan kebutuhan di dunia industri software saat ini mengharuskan penguasaan di bidang pengembangan aplikasi cerdas. Melihat fenomena tersebut, tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat berinisiatif membekali para mahasiswa semester 7 dengan pelatihan pembuatan aplikasi cerdas untuk menjembatani gap dengan dunia industri. Metode pelatihan yang digunakan adalah peer teaching. Peer teaching merupakan metode pembelajaran dengan menjadikan sesama mahasiswa sebagai tutor. Pemilihan metode ini dirasa lebih efektif karena suasana pembelajaran akan terkesan lebih santai dan rileks sehingga materi dapat lebih cepat diserap. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner dari para peserta, kegiatan ini mampu memberikan banyak manfaat bagi para peserta.

Keywords


artificial intelligence, peer teaching, teknik informatika

References


APTIKOM, T. K. K. (2019). Pengembangan Kurikulum KKNI Berdasarkan OBE Bidang Ilmu Informatika dan Komputer (1st ed.).

Endang, B. (2008). Konseling Teman Sebaya pada Remaja di Era Globalisasi. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 199–210.

Febianti, Y. N. (2019). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi (Vol. 2). Retrieved from http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/63/61

Informatika, P. S. S. T. T. (2020). Buku Pedoman Akademik Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika (1st ed.).

PHB, P. S. T. T. I. (2021). Rencana Induk Penelitian Prodi Sarjana Terapan Teknik Informatika Tahun 2021-2025 (1st ed.).

Saparwadi, L. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39–46. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4304.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: