PELATIHAN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 12 KUPANG

Faderina Komisia, Maria Aloisia Uron Leba, Maria Benedikta Tukan

Abstract


Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan bahan di laboratorium dan waktu pembelajaran yang terbatas selama masa pandemi, sehingga praktikum kimia jarang dilaksanakan di sekolah, yang berarti  keterampilan proses sains siswa kurang dilatih dan dikembangkan. Karena itu, pentingnya melakukan praktikum kimia bagi mitra (siswa) dengan menggunakan bahan yang digunakan setiap hari atau ditemukan di sekitar yang dapat menggantikan bahan kimia tertentu agar kegiatan praktikum kimia dapat berjalan sebagaimana mestinya sehingga melalui praktikum, keterampilan proses sains siswa dapat dilatih dan dikembangkan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kupang, sehingga siswa dapat menemukan konsep atau solusi dari permasalahan yang diajukan dalam pembelajaran di kelas dan terampil dalam melakukan suatu percobaan. Selain itu, keterampilan proses sains siswa diharapkan dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yakni pelatihan yang disertai praktikum/eksperimen, diskusi, dan tanya jawab. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kupang pada kelima aspek tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata kemunculan keterampilan proses sains sebesar 86,5% pada percobaan tentang identifikasi sifat asam dan basa pada berbagai produk dengan indikator kertas lakmus merah, lakmus biru dan indikator kertas kunyit, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan  faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan. Dengan demikian, melalui pelatihan praktikum kimia berbasis lingkungan, keterampilan proses sains siswa meningkat dimana siswa menjadi terampil dalam melakukan suatu percobaan kimia pada aspek menggunakan alat dan bahan; mengamati, melaksanakan percobaan; berkomunikasi dan menafsirkan data suatu percobaan.

Keywords


Keterampilan Proses Sains, Kimia, Lingkungan, Pelatihan, Praktikum

References


Dewi, L., Soetedja, V., Sutrisno, T. F. C. W., & Prakoso, D. B. (2021). Pelatihan Keterampilan dan Wawasan Profesional Cleaning Service untuk Tenaga Kebersihan Universitas. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 597–600.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061

Haryono, H. (2006). Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(7), 1–13.

Ikhsan, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum Sederhana di SDN 004 Filial Kutai. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 1–5.

Juli, Pambudi, C. N. A. A., Saputri, M. W., & Dewi, Puput Transiana, Sulityowati, Fitria, D. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Perkalian dengan Patung Kasep Julang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 606–612.

Kurniawati, A. (2015). Analisis Keterampilan Proses Sains peserta didik Kelas XI Semester II MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013 Pada Pembelajaran Kimia Dengan Model Learning Cycle 5E. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Leba, M. A. U., & Nona, M. G. (2020). Eksperimen Kimia Sederhana. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains ( KPS ) Pada Pelaksanaan. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 49–54.

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rustaman. (2003). Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah dalam Sains: Makalah pada Pendidikan Biologi. FKIP UNPAS.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.

Yusuf, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Praktikum. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(2), 91–100. https://doi.org/10.37905/aksara.4.2.91-100.2018




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: