MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK UMKM MUTIARA HARAPAN MAGELANG MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA

Maimunah Maimunah, Helmi Naufal Muzakki, Danang Setya Nugraha, Muhammad Aulia Tegar Pratama, Muhammad Devananda Andika Putra, Afrilia Putri Permata Sari

Abstract


Era digital seperti sekarang ini membawa dampak yang tidak buruk tetapi juga terdapat dampak baik untuk memperkenalkan usaha UMKM yang ada. Sebagian besar UMKM masih minim pengetahuan tentang digital marketing untuk meningkatkan daya saing penjualan produk usaha tersebut. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan untuk memperkenalkan produk UMKM Mutiara Harapan ke pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing usaha melalui pemanfaatan digital marketing. Dalam kegiatan pengabdian ini, metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan tentang digital marketing dan laporan pembukuan keuangan kepada pengusaha UMKM yang kita sepakati menjadi mitra kami. Kegiatan berlangsung secara bertahap dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan. Luaran pada kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan adalah website UMKM Mutiara Harapan, laporan pembukuan keuangan, dan pembuatan media social seperti, Intagram dan Instagram, dan pembuatan marketplace. Kegiatan yang telah dilakukan dapat meningkatkan kemampuan mitra tentang digital marketing dan pengelolaan laporan pembukuan keuangan sehingga dapat meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan daya saing UMKM.

Keywords


Manajemen Keuangan, Digital Marketing, Daya Saing UMKM

References


(ABDSI), A. B. (n.d.). urvey yang Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) dampak Covid-19 terhadap UMKM. Retrieved from http://www.abdsi.id/bappenas-sarankan-umkm-terdampak-covid-19-perlu-pendampingan/

Maharani, M., Ali, A., & Astuti, H. (2012). Faktor-Faktor Pengaruh Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Teknik POMITS, 1(1), 1-6.

Minculete, G., & Olar, P. (2018). Approaches to The Modern Concept of Digital Marketing. . International Conference Knowledge Based Organization, XXIV(2), 63-69. Retrieved from https://doi.org/10.1515/kbo-2018-0067

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47. doi:https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, Rudy, & Hasbiyah, W. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing . Jurnal Abdi Masyarakat Humanis , 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: