EDUCATION OF AUGMENTED REALITY APPLICATIONS AS AN ALTERNATIVE TO MATHEMATIC LEARNING MEDIA ON THE COVID-19 PANDEMIC

Raden Wirawan, Andi Nurul Faizah, Asriyani Ismail

Abstract


Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membantu siswa menjadi lebih termotivasi dan terlibat dalam studinya. Di masa pandemi Covid-19, tujuan pembelajaran pada aplikasi augmented reality (AR) sebagai media alternatif pembelajaran matematika, selain untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan pendidik tentang penerapan media pembelajaran matematika dengan menggunakan augmented reality (AR). Latihan ini berupa pemaparan mengenai media pembelajaran matematika khususnya bangun ruang berbasis AR pada handphone. Metode kegiatan ini berupa pelatihan dalam bentuk ekspositori, yang diawali dengan penjelasan materi tentang media pembelajaran dan aplikasi AR, dilanjutkan dengan pengenalan kegunaan aplikasi kepada pendidik, dan terakhir implementasi penggunaan aplikasi kepada siswa. Di masa pandemi Covid-19, hasil dari pemaparan ini dapat meningkatkan pengetahuan pendidik tentang aplikasi AR sebagai alternatif media pembelajaran interaktif dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar yang disertai dengan menggunakan aplikasi berbasis AR di smartphone dalam pembelajaran matematika.

Keywords


Augmented Reality, Covid 19, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Smartphone

References


Affandi, H., Suwarna, I. P., & Hertanti, E. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa kelas X pada konsep dinamika partikel. Tarbiya, 61-72.

Arifitama, B. (2017). Panduan Mudah Membuat Augmented Reality. Yogyakarta: Andi.

As Ad, M., Setyowibowo, S., & Sujito. (2021, September). Implementasi Augmented Reality Huruf Hijaiyah pada TPQ Manarul Huda Sumber Sari Kota Malang. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 1-6.

Dayat, A. R., & Angriani, L. (2021). Designing A 3-Demensional Campus Brochure Application Based On Augmented Reality. Berkala Sainstek , 68-57.

Jumarlis, M. (2018). Aplikasi Pembelajaran Smart Hijaiyyah Berbasis Augmentede Reality. ILKOM, 52-58.

Simarmata, J. E., & Ahzan, Z. N. (2021). Bimbingan dan Pelatihan Penalaran Matematika Jenis Soal UTBK bagi Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1015-1024.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirawan, R. (2018, APRIL). APLIKASI VIRTUAL IKLAN PERUMAHAN DENGAN SISTEMAUGMENTED REALITY. ILKOM, 10(1), 11-16.

Wirawan, R., & Nur, M. A. (2021, Agustus). Sosialisasi Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. MADANI, 3(2), 8-13.

Wirawan, R., Nur, M. A., & Syahraeni, R. (2020, Januari). Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif berbasis Multimedia. JARTIKA, 3(1), 75-83.

Yanto, O., Susanto, Nugroho, A., Santoso, B., & Gueci, R. S. (2020). SOSIALISASI KEKAYAAN INTELEKTUAL GUNA MENUMBUHKEMBANGKAN USAHA DALAM RANGKA MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL PADA REVOLUSI 4.0. ABDI ABDI LAKSANA, 240-245.

Zainuddin, Z., Areni, I. S., & Wirawan, R. (2016, Agustus). Aplikasi Augmented Reality pada Sistem Informasi Smart Building. JNTETI, 5(3), 207-212.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: