PENGEMBANGAN WISATA SENDANG PENGILON DI DESA HARGOMULYO, KOKAP, KULON PROGO

Arie Kusuma Paksi, Idham Badruzaman, Muhammad Ilham, Rani Dian Iswari

Abstract


Desa Hargomulyo memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu desa wisata terbaik di Yogyakarta. Keterbatasan sarana dan pra-sarana, terutama jalan, menjadi sebab dari keterbatasan wisatawan yang brkunjung ke tempat wisata alam di desa ini. Permasalahan ini berakibat pada persebaran wisatawan yang tidak merata di desa ini hingga perkembangan perekonomian di desa ini bergerak lambat. Metode yang digunakan adalah pendampingan untuk menyiapkan kegiatan fundrasing, pengembangan materi dan media promosi bagi lokasi wisata Sendang Pengilon, dan Forum Group Discussion (FGD) penyusunan strategi pengembangan kedepan bersama pengelola. Kegiatan program pengabdian masyarakat ini mendapat tanggapan baik dari masyarakat desa Hargomulyo. Kelompok sasaran utama dari program ini merasa sangat terbantu dari kegiatan ini. Melalui kegiatan pendampingan dan diskusi bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), program ini berhasil membuat proposal pengajuan dana untuk selanjutnya disebar kepada pihak strategis. FGD bersama masyarakat dusun Tonobakal telah melahirkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan Standard Operating Procedure (SOP) wisata sebagai langkah menuju desa wisata.

Keywords


Wisata, Desa Wisata, Hargomulyo, Sendang Pengilon, Pokdarwis

References


Andriyani AAI, Martono, E dan Muhammad. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Nasional Vol. 23 No 1: 1-16

Anggraini, D. (2017). Analisis Hubungan Komplementer Dan Kompetisi Antar Destinasi. Tesis MPKP FEB.

Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pariwisata. (2017). Publikasi Kajian Data Pasar Wisatawan Nusantara Tahun 2017 . Jakarta: Negara Republik Indonesia.

Buku Saku Kementerian Pariwisata, 2016.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM-FEBUI), dan Asdep Industri dan Regulasi Pariwisata, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata. (2018). Kajian Awal Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Indonesia. Jakarta: LPEM-FEBUI.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: