THE EFFORT TO GROW A PRODUCTIVE CULTURE OF HOUSEWIVES TO INCREASE FAMILY INCOME IN THE COVID-19 PANDEMIC ERA

Nana Darna, Ali Muhidin, Ade Agustina, Aditya Andrian

Abstract


Sulitnya memutus mata rantai kemiskinan di Indonesia, hal ini disebabkan kurang penanganan secara menyuluruh yang dilakukan oleh pemerintah. Masyarakat miskin atau masyarakat prasejahtera adalah masyarakat yang tidak terpenuhi hak-hak dasarnya.  Masih terdapat masyarakat prasejahtera di desa Gegempalan kecamatan Cikoneng kabupaten Ciamis sebesar 74%, hal ini angka yang sangat tinggi.  Tingginya tingkat masarakat prasejahtera disebabkan mayoritas dari masyarakat adarah buruh home indusetu atau industri kecil menengan dan buruh tani yang tidak pasti pendapatanya.Pengabdian dilakukan pada masyarakat blok Muhara dusun Desa desa Gegempalan dengan metode kaji tidak dengan tahapan pertama musawarahdan FGD, tahap kedua Sosialisasi dan Pelatihan dan Ketiga Pendampingan.Kegiatan PKM dapat meningkatkan pendapatan masyarakat prasejahtera dengan adanya nilai tambah ekonomi yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. Namun keterbatasan akses pasar bagi kelompok usaha produktif  hendaknya dilakukan pendampingan kembali agar masyarakat memiliki keberlanjutan pendapatan yang dapat merubah kondisi masyarakat.

Keywords


Budaya Produktif; Ibu Rumah Tangga; Pendapatan Masyarakat

References


Bastaman, Aam. 2019. Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas Dan Daya Saing

(GNP2DS). Gemari.id. Diambil dari https://gemari.id/gemari/2019/5/13/gerakan-nasional-peningkatan-produk.

F. Fahirah, Maricar, Shyama dan Asnudin, Andi. 2018. Pemanfaatan Lidi Daun Kelapa dalam Meningkatkan Penghasilan Ibu-ibu Buruh Tani Kelapa. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian (SNP2M) 46-50.

Femy M. G. Tulusan dan Very Y. Londa. 2014 Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah Ii Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum 1 (1). 92-105.

Martini, Riski., Manuaba, Putra dan Wahyudi, Anggita. 2020. PKM Peningkatan Perekonomian Rumah Tangga Melalui Usaha Kerajinan Lidi. International Journal of Community Service Learning. 4 (4). 347-354.

DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: