SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ISPRING DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM KEPAHIANG

Dian Fita Lestari, Helmiyetti Helmiyetti, Jarulis Jarulis, Fatimatuzzahra Fatimatuzzahra

Abstract


Media pembelajaran interaktif sangat diperlukan untuk membantu proses belajar mengajar, khususnya pada saat era pandemi COVID-19 yang lebih banyak menggunakan daring. Salah satu jenis media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan secara efektif, efisien dan mudah yaitu aplikasi iSpring Suite 9 yang dapat digunakan terintegrasi dengan power point. Masih banyaknya guru yang belum mengetahui dan memahami penggunaan media pembelajaran interaktif dengan baik, sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi kepada guru mengenai media pembelajaran iSpring Suite 9 di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan cara demo, yaitu pemberian penjelasan penggunaan iSpring serta dilanjutkan dengan praktek penggunaan media iSpring. Kegiatan sosialisai ini diikuti oleh guru dari berbagai bidang studi di Pondok Pesantren, sehingga ada banyak model atau beragam bentuk media yang dapat dihasilkan oleh guru. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan tahapan yang direncanakan. Adanya sosialisasi ini mampu membantu meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan guru mengenai penggunaan salah satu aplikasi dalam penyusunan bahan ajar maupun dalam membuat media pembelajaran

Keywords


iSpring, media pembelajaran interaktif, pondok pesantren

References


Anggawirya E. (2011). Microsoft Powerpoint 2010. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hakim I. dan Assegaff S. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem E-Learning Berbasis Web pada SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3 (4), 1255-1261.

Irawan, Dedi. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft Office Powerpoint Mendeskripsikan Gambar Teknik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Irtawaty, A.S., Ulfah, M., Hadiyanto dan Suhaedi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi I-Spring Untuk Peningkatan Kualitas Teaching Method Bagi Guru SMK Di Balikpapan. Logista, 2 (2), 66-74.

Mulyanto, Leong, M. (2009). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakata: Universitas Atma Jaya.

Ninawati, M. Burhendi F.C.A., Wulandari. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal educatio, 7 (1), 47-54.

Nuraini, M., Sutama, Narimo, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 31 (2) : 62-71

Sari, M.P, Ridwan. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran IPA Kelas IX Di SMP Negeri 5 Panyabungan. Jurnal Penelitian Ipteks, 5 (2), 216-223.

Wijayanto P. A., Utaya S. and Astina I, K. (2017). Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Methode Assisted by Ispring Suite. International Journal of Social Sciences and Management, 4 (4), 240-247.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: