PENDAMPINGAN BELAJAR TINGKAT LANJUT MELALUI PEMBERDAYAAN ORANG TUA ASUH

Alifiani Alifiani, Ganjar Setyo Widodo

Abstract


Pada dasarnya manusia selama hidup selalu mendapat pengaruh dari keluarga, sekolah, serta masyarakat yang selanjutnya disebut dengan tripusat pendidikan. Keluarga sering dipandang sebagai lingkungan pendidikan pertama dan utama. Seiring pertambahan usia anak, peranan sekolah dan masyarakat luas makin penting, namun peran keluarga tidak terputus. Permasalahan yang sering terjadi dewasa ini adalah peran mendidik selama ini cenderung diabaikan oleh orang tua. Orang tua cenderung menyerahkan sepenuhnya persoalan pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolah sementara orang tua disibukkan dengan pekerjaan. Program yang akan dilaksanakan meliputi Penyediaan akses bagi orang tua dan keluarga dan home visiting strategies dengan 2 sekolah dasar sebagai proyek percontohan. Dari kegiatan tersebut diperoleh data bahwa perkembangan akademis siswa lebih cepat dibandingkan ketika belajar sendiri di rumah. Siswa lebih cepat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan akurasi jawaban yang lebih daripada biasanya.

Keywords


pendampingan belajar, pemberdayaan, orang tua asuh

References


Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27.

Bunijevac, M. (2017). ERIC - EJ1156936 - Parental Involvement as a Important Factor for Successful Education, Center for Educational Policy Studies Journal, 2017. https://eric.ed.gov/?id=EJ1156936

Cardullo, V., Wang, C.-H., Burton, M., & Dong, J. (2021). K-12 teachers’ remote teaching self-efficacy during the pandemic. 14(1), 32–45. https://doi.org/10.1108/JRIT-10-2020-0055.

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209.

Indah Lestari, P., Prima, E., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Dhyana Pura, U. (2021). Home-Based Learning di Masa Normal Baru: Partisipasi Orang tua Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 208–219. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I1.1215.

Kennedy, J. N., Terreberry, S., Moll, S., Missiuna, C., Yost, J., Tomas, V., & Campbell, W. N. (2021). The concept of family engagement in education: What are the implications for school-based rehabilitation service providers? Review of Education, 9(3), e3268. https://doi.org/10.1002/REV3.3268.

Kristin, F. (2016). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532.

Nugroho, A., Hawanti, S., & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi orang tua dalam pendampingan belajar siswa selama masa pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1690–1699.

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Swandana, I. W. (2018). View of MEMBERDAYAKAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/13049/9454.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 1(1), 24–30.

Rahman, B. (2014). KEMITRAAN ORANG TUA DENGAN SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. 4(2), 129–138.

Sara Rimm, L. S. (2018). Improving students’ relationships with teachers. Virginia University. https://www.apa.org/education-career/k12/relationships.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah | Triwardhani | Jurnal Kajian Komunikasi. Jurnal Kajian Komunikasi. https://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/23620/13417.

Weyer, M. (2015). Strong States, Strong Nation Strong States, Strong Nation Engaging Families in Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: