PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK KULIT SINGKONG UNTUK BUDIDAYA TANAMAN PANGAN DENGAN POLA TUMPANG SARI DI KELURAHAN CILUAR KOTA BOGOR

Lilik Sulistyowati, Nurmala Pangaribuan, Olive Olive, Tina Ratnawati, Ace Rachman

Abstract


Kegiatan ini didasarkan pada potensi Kampung Tarikolot sebagai daerah sentra penghasil dan pengrajin olahan singkong sehingga ketersediaan limbah kulit singkong yang melimpah dapat digunakan sebagai bahan pupuk organik kompos untuk petani tanaman pangan. Budidaya tanaman pangan dengan pola tumpang sari juga perlu diterapkan untuk meningkatkan pendapatan petani. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2019 di Kampung Tarikolot, Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat. Target kegiatan ini adalah agar 10 petani tanaman sayur mendapatkan transfer knowledge dan pelatihan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan metode diskusi dan praktik langsung. Dalam kegiatan pengabdian ini ada dua bentuk kegiatan yaitu penyuluhan dan pendampingan praktik langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain (1) dalam pelatihan ini pupuk organik dalam bentuk padat dan cair yang diaplikasikan kepada tanaman sayuran berhasil meningkatkan pertumbuhan tanaman dan hasil sayuran; (2) penggunaan pupuk organik ke tanaman sayuran dapat menyuburkan tanaman sehingga sayuran  yang diberikan pupuk tumbuh subur dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan (3) penduduk setempat yang sebagian berusaha di bidang pertanian memperoleh manfaat hasil tambahan.

Keywords


kompos, peningkatan pendapatan petani, sentra singkong

References


Andareswari, N., Hariyadi, S., Yulianto, G. 2019. Karakteristik dan Strategi Pengelolaan Limbah Cair Sentra Usaha Tapioka di Bogor Utara. Jurnal Ecolab 13(2) : 85-96.

Ginting, A., Sulistyowati, L., Hafa, M. F., & Syarif, M. (2021). PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN SAMPAH KEPADA PENGELOLA WISATA RELIGI PETILASAN SRI AJI JAYABAYA DESA MENANG, PAGU, KEDIRI. Asawika: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 6(02).

Djaja, W. (2008). Langkah jitu membuat kompos dari kotoran ternak & sampah. AgroMedia.

Erna, Irwan Said, dan Paulus H. Abram. 2016. Bioetanol dari Limbah Kulit Singkong (Manihot esculenta Crantz) Melalui Proses Fermentasi. J. Akademika Kim. 5(3): 121-126 August 2016 ISSN 2302-6030

Fitriani, H., & Ciptandi, F. (2017). Pengolahan Kulit Umbi Singkong (Manihot Utilissima) di Kawasan Kampung Adat Cireundeu Sebagai Bahan Baku Alternatif Perintang Warna Pada Kain. E Proceedings of Art & Design, 4(3).

Hermawati, DT. 2016. Kajian Ekonomi antara Pola Tanam Monokultur dan Tumpangsari Tanaman Jagung, Kubis dan Bayam. INOVASI 18(1) 66-71.

Hindersah, R., & Kuswaryan, S. (2019). Aplikasi Pemupukan Organik dan Hayati di Sawah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-8.

Oghenejoboh, K. M., Orugba, H. O., Oghenejoboh, U. M., & Agarry, S. E. (2021). Value added cassava waste management and environmental sustainability in Nigeria: a review. Environmental Challenges, 4, 100127.

Okoya AA, Oyawale FE, Ofoezie IE, Akinyele AB. 2016. Impact Of Industrial Cassava Effluent Discharge On The Water Quality Of Ogbese River, Ayede-Ogbese, Ondo State, Nigeria. Ethiopian Journal of Environmental Studies & Management 9(3): 339 – 353.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: