PENGENALAN PACKAGING UNTUK PENINGKATAN NILAI TAMBAH PRODUK TANAMAN OBAT

Sri Ayu Andayani, Agus Yadi Ismail, Ida Marina, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Tanaman obat merupakan tanaman yang mempunyai kegunaan sebagai  tanaman obat-obatan bagi keluarga maupun masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat sudah mulai menanam berbagai tanaman obat untuk pengobatan keluarga dan sudah mulai mengolahnya untuk kemudahan penggunaan walaupun masih secara sederhana. Kelompok wanita tani flamboyant yang ada di Desa Kagok Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka merupakan salah satu kelompok yang sudah memanfaatkan dan mengolah dari tanaman obat tersebut. Hasil olahan tanaman obat masih dikemas dalam bentuk dan alat yang masih sederhana. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian adalah memberikan pengenalan dan pemahaman pentingnya packaging atau mengemas produk olahan khususnya produk tanaman obat sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dari produk ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Agustus 2022 di kelompok wanita tani flamboyant dengan peserta terdiri atas ketua dan para anggota kelompok wanita tani serta ibu-ibu sekitar lokasi kegiatan. Materi yang diberikan meliputi wawasan tentang tanaman obat dan pentingnya packaging dalam sebuah produk. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian, para peserta mengenal dan memahami manfaat tanaman obat sehingga mereka semakian antusias dalam pengembangan tanaman obat serta semakin mengenal dan memahami perlunya packaging dalam peningkatan nilai tambah sebuah produk juga sebagai salah satu strategi dalam marketing.

Keywords


Tanaman obat, nilai tambah, packaging, marketing

References


Anonim. 2012. Pengertian Tanaman Obat, Jenis dan Pemanfaatannya. http://penegrtian tanaman obat.blogspot.com/2012/10/pengertian-tanaman-obat-jenis-dan html.

Sarno. 2019. Pemanfaatan Tanaman Obat (Biofarmaka) sebagai produk unggulan Masyarakat Desa Depok Banjarnegara. Abdimas Unwahas, Vol 4 No 2. E-ISSN 2579-7123, ISSN 2541-1608

Masayu Endang Apriyanti. 2018. Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal Sosio e-kons. Vol 10 No 1, April 2018.

Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 2009. Pedoman Standar Kelayakan Kemasan Produk KUKM, Jakarta

Rhina Uchyani, Heru Irianto. 2015. Pengemasan Produk Dalam Meningkatkan Prodduk Berbahan Baku Kacang yang Marketable. Laporan Prossiding Seminar Nasional 4th SME’s Summit Dan Awards 2015.

Nurcholifah, Ita.2012. Manajemen Pemasaran. Pontiana -STAIN Pontianak Press

Abdullah, Thamrin Dan Tantri, Francis, 2016. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Syukrianti Mukhtar, Muchammad Nurif, 2015, Peranan Packaging dalam Meningkatkan Hasil Produksi terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 8 No.2, Nopember 2015

Persada. Nana Herdiana Abdurrahman, Achmad Sanusi, 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung:Pustaka Setia.

Masayu Endang Apriyanti, 2018, Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal Sosio e-kons, Vol.10 No. 1, April 2018

Ari Widiati. 2019. Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Mas Pack Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura 2019, Vol. 8 , No. 2, 67-76 67




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: