PENYULUHAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 12 TERNATE, KECAMATAN MOTI, KOTA TERNATE

Yusri A Boko

Abstract


Salah satu tantangan terbesar abad ini ialah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Hal ini karena guru lebih berperan sebagai administrator ketimbang sebagai pendidik, yakni memberi keteladanan kepada siswa. Kegiatan pengabdian memiliki tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang nilai-nilaikarakter, seperti cinta kepada Allah, tanggungjawab, disiplin dan seterusnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 8 s.d 10 2022.Metode yang digunakan dalam pengabdian ialah metode ceramah dan diskusi melalui penyuluhan.Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa nilai karakter yang dijalankan siswa SMP Negeri 12 Ternate telah berjalan sesuai dengan kehidupan siswa itu sendiri. Hal ini dibuktikan dengan simulasi yang dilakukan siswa dengan mandiri, mereka memilih dan menentukan tema nilai karakter apa yang mereka gunakan dalam simulasi. Salah satunya ialah nilai karakter cinta damai yang dibuat dalam konsep gotong royong. Nilai karakter cinta lingkungan juga disimulasi oleh siswa dan ini menunjukkan bahwa mereka telah mampu membedakan dan membuat klasifikasi nilai karakter dalam institusi pendidikan. Namun, di lingkungan masyarakat nilai karakter ini agak terabaikan karena fungsi kontrol orang tua lemah. Saran kepada sekolah ialah guru harus memiliki strategi dalam mengukur dan membina penyimpangan karakter siswa sesuai. Guru harus membangun kerjasama dengan orang tua siswa untuk pengawasan karakter siswa di lingkungan masyarakat.

References


Abdullah, T. (2016). Pendidikan Karakter (Nilai Spiritual, Emosional, dan Intelektual). Semesta Ilmu.

Acetylena, S. (2018). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Malang: Madani.

Boko, Y. (2021). Implementasi Guru Dalam Pembentukan Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendas: Pendidikan Dasar, 3(1), 71–77.

Boko, Y. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 9 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1).

Boko, Y. A., & Saleh, S. (2021). Manajemen Pendidikan (Teori dan Praktik). Bandung: Manggu.

Dewantara, K. H. (1977). Pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Kardiman, Y. (2021). Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter Dimasa Pandemi Covid-19 bagi Guru Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Bekasi. Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada, 2(01), 37–43.

Misbah, J. (2003). Pendidikan dalam Prespektif Teori & Praktek. Al-Mawardi Prima. https://doi.org/10.5281/zenodo.6499321

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 24–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: