PENERAPAN ALAT MACHINE OIL DRAINER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN KESEHATAN MASYARAKAT DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK USAHA KRIPIK BELEDAG DI DESA SELAMANIK KABUPATEN CIAMIS

Tia Setiawan, Slamet Riyadi

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Galuh yang dikemas dalam kegiatan “Penerapan Alat Machine Oil Drainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat dan Peningkatan Kualitas Produk Usaha Kripik Beledag di Desa Selamanik Kabupaten Ciamis” pada PD Dua Jempol bertujuan untuk mengatasi kualitas Produk yang terlalu banyak kadar minyak yang cukup tinggi akan menyebabkan kurang baik bagi kesehatan dan produk mudah menjadi tengik apabila selama penyimpanan terjadi, rendahnya harga jual produk, kurangnya pengembangan produk, kesulitan dalam pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Galuh ini yaitu metode instruksional, diikuti dengan praktek yang meliputi tiga tahapan, yaitu : 1) Penyampaian informasi (sosialisasi/penyuluhan) kepada UMKM kripik beledag mengenai kesehatan dan kualitas produk , 2) Pelatihan keterampilan membuat kripik beledag. 3) pelatihan keterampilan Penggunaan alat Machine Oil Drainer 4) Pembuatan Desain dan proses pengemasan kripik beledag. Dan Seminar hasil kegiatan pengabdian. Luaran yang dihasilkan berupa: 1) publikasi pada media cetak 2) publikasi pada media online, 3) Partisipasi mitra dalam mendukung program ini, selain sebagai peserta dalam pelatihan juga ikut sharing dalam proses pembuatan dan pengemasan produk dan yang telah dilatih mempunyai tugas untuk menyampaikan ke yang lain sehingga dapat mengembangkan usahanya.

Keywords


Kripik Beledag, Penerapan, Alat Machine Oil Drainer

References


Hafni, R., & Rozali, A. (2015). Analisis USAha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia. Jurnal Ekonomikawan, 15(2).

Hamali, S. (2013). Meningkatkan Inovasi Melalui Entrepreneurial Marketing Dan Dampak Pada Kinerja Pemasaran Ukm-Ukm Garment Di Jawa Barat. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1).

Purnomo, A., Burhanuddin, Y., & Harun, S. (2014). Perancangan Dan Pembuatan Struktur Mekanik Sistem Inspeksi Visi. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 2(1).

Mulyaningsih, N., Hastuti, S., Labib, A., & Aprianto, A. (2019). PENGURANGAN KADAR MINYAK PADA USAHA KECIL KERIPIK DENGAN PENERAPAN TEKNOLOGI MESIN PENIRIS. EDUSAINTEK, 3.

Wasisto, S., Purnama, I. L. I., & Anggoro, P. W. (2016). Perancangan Mesin Peniris untuk Aneka Makanan Ringan Hasil Gorengan.

Mustafa, L. D., Hadiwiyatno, H., & Ratnawati, Y. (2020). Desain Mesin Spinner Berbasis IoT. Jurnal Elektronika Listrik dan Teknologi Informasi Terapan, 1(2), 14-18.

Sriyana, J., & Sari, C. P. (2018). Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Produsen Makanan Berbahan Baku Lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 65-71




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: