PENGARUH KREATIVITAS KEPEMIMPINAN SEKOLAH DAN DUKUNGAN STAKEHOLDERS TERHADAP KEBERHASILAN PROGRAM SEKOLAH (Studi pada MTs di Kabupaten Ciamis Selatan)

Rasem Rasem

Abstract


MTs di Kabupaten Ciamis khususnya Ciamis selatan masih belum optimal. Masih banyak sekolah yang belum mencapai program yang direncanakan antara lain dalam meningkatkan hasil Ujian nasional. Hasil ujian nasional tahun sebelumnya memberikan gambaran bahwa belum semua MTs Negeri di Kabupaten Ciamis berhasil mencapai target yang ditetapkan; (2) Masih diperlukan upaya peningkatan kreativitas kepemimpinan sekolah. Mengingat kepemimpinan yang kreatif mampu mencapai keberhasilan sekolah. Sebab banyak sekolah yang gagal berbalik menjadi sukses, dan sekolah yang bagus menjadi merosot dengan tajam. Membaik dan memburuknya sekolah dapat dilacak dari kualitas kepala sekolahnya; (3) Dukungan stakeholders masih perlu di tingkatkan, sebab dukungan stakeholders olah mampu mencapai keberhasilan sekolah. Stakeholders sekolah merupakan orang-orang atau badan yang berkepentingan langsung atau tidak langsung terhadap kegiatan pendidikan di sekolah, yang belum semuanya dapat meningkatkan program sekolah; (4) Kreativitas kepemimpinan dan dukungan stakeholders kurang menunjang tercapainya keberhasilan sekolahAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pengaruh kreativitas kepemimpinan sekolah terhadap keberhasilan program sekolah?; (2) Bagaimana pengaruh dukungan stakeholders olah terhadap keberhasilan program sekolah?; (3) Bagaimana pengaruh kreativitas kepemimpinan sekolah dan dukungan stakeholders terhadap keberhasilan program sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru MTs di Kabupaten Ciamis Selatan . Sedangkan banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang responden.Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap masing-masing variabel disimpulkan sebagai berikut. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas kepemimpinan sekolah termasuk kategori tinggi, begitu juga keberhasilan program sekolah termasuk kategori tinggi. Dengan demikian maka terdapat pengaruh positif kreativitas kepemimpinan sekolah terhadap keberhasilan program sekolah. Artinya semakin baik kreativitas kepemimpinan sekolah, maka akan semakin baik keberhasilan program sekolah. Hasil penelitian menunjukkan Dukungan stakeholders termasuk kategori tinggi, begitu juga keberhasilan program sekolah termasuk kategori tinggi. Dengan demikian maka terdapat pengaruh positif dukungan stakeholders terhadap keberhasilan program sekolah. Artinya semakin baik dukungan stakeholders, maka akan semakin baik keberhasilan program sekolah.. Kreativitas kepemimpinan sekolah dan dukungan stakeholders berpengaruh positif terhadap keberhasilan program sekolah. Artinya semakin baik kreativitas kepemimpinan sekolah dan dukungan stakeholders, maka akan semakin baik keberhasilan program sekolah.Kata kunci : kreativitas kepemimpinan sekolah, stakeholders, keberhasilan program sekolah.

Full Text:

Download

References


Adair. 1984. Peran Paradigma dalam

Pendidikan. Bandung : Remadja Karya

Davis dan Thomas. 1989. Human Behavior at

Work. New Delhi: MacGraw Hill.

Munandar. 2002. Manajemen Sekolah.

Bandung: PT. Refika Aditama

Scheerens dan Bosker. 1997. Ehancing

Educational Opportunities for

Disadvantaged Learners: Amesterdam :

Nort-Holland Publishing Company

Siagian, Sondang. 2002. Manajemen Sumber

Daya Manusia (Cetakan V). Jakarta. Bumi

Aksara

Sudrajat. 2010. Manajemen Kinerja Guru.

Jakarta. Bumi Aksara

Sugiyono, 2002, Statistik untuk Penelitian.

Bandung : CV Alfabeta

Sumardjan. 1983. Kepemimpinan Kepala

Sekolah. Tinjauan Teoretik dan

Permasalahannya. Jakarta: Raja Grapindo

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20

tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i2.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :