KEBERDAYAAN MODAL SOSIAL KOMUNITAS PETANI PADI ORGANIK DI KELOMPOK TANI SUNDAMEKAR, DESA SUNDAWENANG, KECAMATAN SALAWU, KABUPATEN TASIKMALAYA

Shella Rizkiyana, Iwan Setiawan

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi  fulktuasi dan inkonsistensi adopsi inofasi pertanian organik yaitu kurangnya aspek modal sosial pada suatu komunitas atau kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberdayaan modal sosial dalam komunitas petani padi organik, Bagaimana peran modal sosial dalam pengembangan padi organik dan Faktor-faktor apa yang mempengaruhi modal sosial komunitas petani padi organik. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Tani Sundamekar, Desa Sundawenang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara kepada 50 orang petani yang merupakan anggota Kelompok Tani Sundamekar. Desain penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS version 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa kolaborasi menjadi indikator yang paling eksis dan partisipasi menjadi indikator paling berperan bagi pengembangan pertanian organik, serta variabel faktor eksteral menjadi faktor yang dominan terhadap peran modal sosial. Asepk yang harus ditingkatkan yaitu aspek pasar, regenerasi petani, serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

References


Coleman, J. S. (1988). Social capital in the creation of human capital. American journal of sociology, 94, S95-S120.

Dasgupta, P., & Serageldin, I. (Eds.). (2001). Social capital: a multifaceted perspective. World Bank Publications

Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya. Sumber Website: https://disperta.tasikmalayakab.go.id/ ((Diakses pada 2 Agustus 2017).

Ghozali, Imam. (2017). Ekonometrika Teori, Konsep Dan Aplikasi Dengan IBM SPSS 24. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Grootaert, C. (Ed.). (2004). Measuring social capital: An integrated questionnaire (No. 18). World Bank Publications.

Hanafie, R. (2010). Pengantar ekonomi pertanian. Penerbit Andi

International Federation of Organik Agriculture Movements, Sumber Website: https://www.ifoam.bio/ (Diakses pada 2 Agustus 2017).

Riduwan. 2007. Rumus dan Data dalam aplikasi statistika. Bandung. ALFABETA

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alvabeta, CV

Susanto, D. (2010). Strategi peningkatan kapasitas modal sosial dan kualitas sumberdaya manusia pendamping pengembangan masyarakat Jurnal Komunikasi Pembangunan 8 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: