ANALISIS SALURAN KELAPA (Suatu Kasus di Desa Karangkamiri Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran)

Wadin Wadin, Soetoro Soetoro, Tito Hardiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran kelapa di Desa Karangkamiri Kecamatan Langkaplancar kabupaten Pangandaran. (2) Besarnya marjin dan biaya pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran kelapa di Desa Karangkamiri Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran (3) Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) kelapa.Penelitian ini dilaksanakan di Desa karangkamiri Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran dengan menggunakan survai. Responden petani diambil secara acak sederhana (simple random sampling) diteliti sebanyak 30 orang atau 15 persen dari 202 petani, sedagkan untuk sampel lembaga pemasaran diambil dengan cara snowball sampling terhadap 1 orang pedagang pengumpul, dan 1 orang pedagang besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Terdapat satu saluran pemasaran kelapa di Desa Karangkamiri Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran yaitu, Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Konsumen Akhir Industri. 2) Marjin pemasaran kelapa di tingkat pedagang pengumpul Rp. 1.000,00 per butir, biaya sebesar Rp. 475,00 per butir dan keuntungan sebesar Rp. 525,00, per butir sedangkan marjinpemasaran kelapa di tingkat pedagang besar yaitu Rp. 500,00 per butir, biaya sebesar Rp. 200,00 per butir dan keuntungan sebesar Rp. 300,00 per butir. 3) Farmer’s share atau bagian harga yang diterima petani adalah 66,67 persen dari harga yang dibayarkan konsumen.Kata kunci : Saluran pemasaran, kelapa

Full Text:

PDF

References


Anjani dan Hartono, 2009. Geografi SMA XI. Penerbit Cempaka Putih. Jakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Atmaja, U. Dan Hartoyo, T, 2005. Optimalisasi Alokasi Lahan pada Sistem

Penelolaan Usaha Wanatani (Kasus laboratorium Lapangan Wanatani

Universitas Siliwangi). Kerjasama Universitas Siliwangi Tasikmalaya

dan Balai Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah Cimanuk- Citanduy Ditjen RLPS Departemen kehutanan RI. Tasikmalaya.

Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan

Cimaragas, 2015. Laporan Tahunan. Ciamis

Bappeda Kabupaten Ciamis 2013, Data laporan Pendapatan Daerah. Kabupaten Ciamis.

Bisuk, P. 2009. Analisis Tataniaga Dan Elastisitas Transmisi Harga CPO

Internasional Terhadap Harga TBS (Tandan Buah Segar) Kelapa Sawit

(Studi Kasus : Desa Mananti Kecamatan Sosa Kabupaten Padang

Lawas). Skripsi USU. Medan. P. 76.

Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, 2013. Laporan Tahunan. Kabupaten

Ciamis.

Elly Jumiati Dwidjono Hadi Darwanto, Slamet Hartono dan Masyuri. Jurnal

AGRIFOR Volume XII Nomor I. Ananlisis Saluran Pemasaran Dan Marjin Pemasaran Kelapa Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur.

Kalimantan Timur Maret, 2013. Elly Jumiati Dwidjono Hadi Darwanto, Slamet Hartono dan Masyuri. Jurnal AGRIFOR Volume XII Nomor I.

Analisis Saluran Pemasaran Dan Marjin Pemasaran Kelapa di daerah

Perbatasan Kalimantan Timur.Kalimantan Timur Maret, 2013.

Husinyah, 2005. Sistem Tataniaga Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Tani. Swadaya. Jakarta .

Kartasapoetra, A.G 2008. Klimatologi: Pengaruh Iklim terhadap Tanah dan Tanaman (Edisi Revisi). Bumi Aksara. Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Jakarta.

. dan Amstrong. 2005. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Edisi Kedelapan.

Penerbit Erlangga.

. dan Keller, K. 2009. Manajemen pemasaran. Jakarta. Erlangga.

. dan Kevin, L. K. 2008. Manajemen Pemasaran. jilid 2 Edisi 12. PT.

Indeks.

Mantra, I. 2004. Pengantar Studi Demografi. Nur Cahaya. Jakarta.

Ritonga. 2003. Kependudukan dan Lingkungan Hidup Edisi Kedua. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Schmidthb dan Fergusen dalam Tjasyono. 2004. Klimatologi. ITB. Bandung.

Soekartawi, 2002. Prinsip dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soetriono, Suwandari dan Rijanto. 2006. Pengantarlmu Pertanian.

Bayumedia. Malang.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.

Sukamto. 2008. Upaya meningkatkan Produksi Kelapa. Penerbit PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sumardi, Susilawati dan Sunarhadi, 2007. Geografi 2. Penerbit Pusat

Perbukuan Depatemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Swastha, B. DH. 2005. Asas-Asas Marketing , Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Wirosuharjo. 2004. Dasar-dasar demografi. Fakultas Ekonomi Universitas

Indonesia. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i1.1610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: