ANALISIS SALURAN PEMASARAN CABAI MERAH VARIETAS TANJUNG 2 (Suatu Kasus di Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)

Lisda Kusmawati, Dedi Herdiansah Sujaya, Tito Hardiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Saluran pemasaran cabai merah di Kelurahan Tamanjaya. 2) Besarnya marjin, biaya, dan keuntungan pemasaran komoditi cabai merah di Kelurahan Tamanjaya. 3) Farmer’s share komoditi cabai merah di Kelurahan Tamanjaya. Jenis penelitian menggunakan metode survei pada petani cabai dan pedagang di Kelurahan Tamanjaya dengan jumlah responden 25 orang petani, 1 orang pedagang besar, dan 5 orang pedagang pengecer. Penarikan sampel petani dilakukan secara sensus, dan pedagang dengan snowball sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:
1. Terdapat satu saluran pemasaran cabai merah di Kelurahan Tamanjaya yaitu: Petani - Pedagang Besar - Konsumen
2. Besarnya biaya pemasaran di tingkat pedagang besar adalah sebesar Rp 535/kg. Marjin pemasaran di pedagang besar adalah Rp 10.000/kg, dan keuntungan pemasaran adalah Rp 9.465/kg. Sedangkan biaya pemasaran di tingkat pedagang pengecer adalah Rp 480/kg. Marjin pemasaran sebesar Rp 7.000/kg dan keuntungan pemasaran sebesar Rp 6.520/kg.
3. Farmer’s share atau bagian yang diterima petani adalah sebesar 59,52%.

Kata Kunci : Saluran Pemasaran, cabe merah


Full Text:

PDF

References


Agromedia. 2008. Budidaya dan Bisnis Cabai.Agromedia Pustaka. Jakarta.

Setiadi. 2008. Bertanam Cabai, edisi revisi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Susanti, Yanti. 2013. Analisis Saluran Pemasaran Cabai Merah Lokal di

Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Universitas Galuh. Ciamis.

Wirosuhardjo, K. 2004. Dasar-dasar Demografi. FEUI, Jakarta.

Alex. 2012. Usahatani Cabai. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Buchari Alma, 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Hanafi. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. CV. Andi. Yogyakarta.

Hartono. 2007. Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta. Citra Praya.

Bandung.

Kohls and Uhl. 1985. Marketing of Agriculture Products. McMilian Publishing Company. New York.

Kotler. 2007. Manajemen Pemasaran. Indeks. Jakarta.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Indeks. Jakarta.

Rahim dan Hastuti. 2007. Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya.

Jakarta.

Ritonga. 2003. Kependudukan dan Lingkungan Hidup Edisi Kedua. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i1.1617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.