ANALISIS SALURAN PEMASARAN COMRING (Suatu Kasus pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis)

Dedi Fitriadi, Dini Rochdiani, Muhammad Nurdin Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Saluran pemasaran comring pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, (2) Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran comring pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, (3) Besarnya bagian harga yang diterima produsen comring pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden sebanyak 13 orang, satu orang produsen, dua orang pedagang pengumpul dan sepuluh orang pedagang pengecer.Hasil penelitian diketahui bahwa:1. Terdapat satu saluran pemasaran comring sampai ke tangan konsumen akhir yaitu: Produsen - Pedagang pengumpul - Pedagang Pengecer - Konsumen2. Pada pemasaran comring melibatkan dua lembaga pemasaran yaitu pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Besarnya rata-rata marjin pemasaran adalah Rp. 5.750,00 per bungkus dengan rata-rata biaya pemasaran sebesar Rp. 265,00 per bungkus sehingga rata-rata keuntungan pemasaran sebesar Rp. 5.485,00 per bungkus.3. Besarnya bagian harga yang diterima produsen (producer’s share) adalah sebesar 53,06 persen. Artinya besarnya bagian harga yang diterima produsen adalah 53,06 persen dari harga yang dibayarkan konsumen.Kata Kunci: comring, Kabupaten Ciamis, pemasaran

Full Text:

Untitled PDF

References


Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anief, DH,. 2002. Pedoman Sistem Jaminan Mutu melalui Standar Prosedur operasional (SPO) Pisang Mas Kirana. Kabupaten Lumajang. Lumajang.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Islami, T. 2014. Singkong: Tinjauan Aspek Ekofisiologi Serta Upaya Peningkatan dan Keberlanjutan Hasil Tanaman. Graha Ilmu. Malang.

Soekartawi. 2005. Agribisnis: Teor dan Aplikasinya. Rajawali Pers. Jakarta.

Soewono, L. 2005. Pemanfaatan Teknologi Pascapanen dalam Pengembangan Agroindustri. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pascapanen untuk Pengambangan Industri Berbasis Pertanian. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Bogor.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i2.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: