ANALISIS SALURAN PEMASARAN SERUNDENG KELAPA (Suatu Kasus pada Perusahaan Serundeng Sari Ayam Cap Koki di Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis)

Ega Meigania, Soetoro Soetoro, Cecep Pardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran serundeng kelapa pada Perusahaan Serundeng Sari Ayam Cap Koki di Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, (2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran serundeng kelapapada Perusahaan Serundeng Sari Ayam Cap Koki di Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, (3)Besarnya bagian harga yang diterima produsen (producer’s share) serundeng kelapa pada Perusahaan Serundeng Sari Ayam Cap Koki dari harga eceran.Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus.Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak dua puluh lima orang yang terdiri dari satu orang produsen, dua orang pedagang pengumpul, tiga orang pedagang besar dan sembilan belas orang pedagang pengecer.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Terdapat tiga saluran pemasaran:a) Saluran pemasaran 1 Produsen - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer Konsumenb) Saluran Pemasaran 2 Produsen - Pedagang Pengumpul - Pedagang Pengecer Konsumenc) Saluran Pemasaran 3 Produsen - Pedagang Pengumpul - Pedagang Besar -Pedagang Pengecer - Konsumen2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pada saluran pemasaran 1 yaitu sebesar Rp. 300,- per pcs, Rp. 1,64,- per pcs, dan Rp. 298,36,- per pcs. Sedangkanbesarnya marjin, biayadan keuntungan pada saluran pemasaran 2 sebesar Rp. 350,- per pcs,Rp. 25,97,- per pcs,dan Rp. 324,03- per pcs, dan besarnya marjin, biaya dan keuntungan pada saluran pemasaran 3 sebesarRp. 350,- per pcs, Rp. 4,- per pcs dan Rp. 346,- per pcs.3) Berdasarkan hasil penghitungan diketahui bahwa bagian harga yang diterima produsen (Producer’s Share) di Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis pada saluran pemasaran satu serundeng kelapa yaitu sebesar 70 persen, dan pada saluran pemasaran dua dan tiga yaitu sebesar 65 persen.Kata Kunci: Serundeng, Pemasaran, Saluran

Full Text:

PDF

References


Alhusniduki, 2007. Alat dan Teknik untuk Memperbaiki Mutu. Higher

Education Depelopment Support Project. Jakarta.

Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.. Rineka

Cipta.Jakarta.

Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. 2017. Potensi

Agroindustri Serundeng Kelapa di Desa Saguling Kecamatan Baregbeg

Kabupaten Ciamis 2016. Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Ciamis.

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ciamis. 2017. Data Keadaan

Tanaman dan produksi kelapadi Kabupaten Ciamis Tahun 2016.Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ciamis.Ciamis.

Fatimah, S.N. 2011. Analisis Pemasaran Kentang (Solanum tuberosum L) di Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Surakarta.

Iskandar. 2009. Manajemen dan Pemasaran Jilid II. Penerbit Prenhelindo.

Jakarta.

Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Edisis Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiono. 2007. Manajemen dan Pemasaran Jilid I. PT. Indeks Kelompok

Gramedia. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i2.1623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: