PERILAKU PETANI MANGGA GEDONG GINCU DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015 (Studi Kasus Gapoktan Sami Mulya, Kecamatan Sedong , Kabupaten Cirebon)

Mar'atus Sholiha, Anne Charina

Abstract


Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah dihadapi oleh segenap pelaku bisnis yang bergerak dalam berbagai sektor usaha di Indonesia. Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan bentuk integrasi ekonomi ASEAN, yang berarti adanya sistem perdagangan bebas antara negaranegara di ASEAN. Sektor pertanian di Indonesia sangat berkontribusi dalam pembangunan nasional, seperti halnya sektor pertanian pada hortikultura, mangga gedong gincu merupakan salah satu komoditas horti yang memiliki kontribusi besar bagi perekonomian nasional. Gapoktan mangga gedong gincu yang berhasil berdaya saing ekspor yaitu Gapoktan Sami Mulya merupakan salah satu Gapoktan yang sukses di Cirebon dalam pasar ekspor. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimanakah perilaku anggota Gapoktan Sami Mulya dalam menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), untuk mengetahui kendalaGapoktan Sami Mulya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada Gapoktan Sami Mulya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan teori perilaku Bloom dan analisis kendala fishbone.Hasil dari penelitian didapatkan perilaku Gapoktan Sami Mulya dalam menghadapi MEA menurut teori Bloom tercermin dalam 3 komponen yaitu : pengetahuan anggota Gapoktan dalam menghadapi MEA ada dalam kategori positif, sikap anggota Gapoktan Sami Mulya dalam menghadapi MEA ada dalam kategori positif , tindakan anggota Gapoktan Sami Mulya dalam menghadapi MEA ada dalam kategori negatif. Sedangkan kendala utama Gapoktan Sami Mulya dalam menghadapi MEA yaitu keinginan petani untuk masuk ke MEA rendah. Kendala tersebut disebabkan oleh 4 penyebab utama yang dapat dilihat dari segi manusia, cara kerja , bahan baku, dan lingkungan.Kata kunci : Perilaku, Gapoktan, Sedong, Kendala

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Cirebon 2015. Kabupaten Cirebon dalam angka 2015

BPS Provinsi Jawa Barat. 2015. Wilayah Sentra dan Produksi Buah Tahun 2014 di Indonesia

Bapedda Kabupaten Malang. 2015.

Kabupaten Malang Menuju MEA 2015. Malang : Bapedda Kabupaten

Malang 2015.

Direktorat kerja sama ASEAN Kementrian Luar Negeri 2011. Cetak Biru Komunitas Ekomomi ASEAN Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat 2016. Standar Operasional Prosedur (SOP) Mangga Gedong Gincu Off season dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. 2015 .Dimuat pada Katalog Warta Ekspor Peluang dan Tantangan Indonesia pada MEA 2015 edisi Januari 2015 http://djpen.kemendag.go.id (Diakss pada tanggal 15 oktober 2016)

L Sulistyowati. 2016. Rantai Pasok Mangga Gedong Gincu .Tanggerang Untirta https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jat/articl/download/1114/88

Mantra ,Dodi. 2011.Hegeomi dan Diskursus Neoliberalisme. Menelusisri Langkah-langkah Indonesia Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (2015) : Bekasi . MantraPress.

Pusdalisbang Jawa Barat. 2015.Dimuat pada Katalog BPS 110200132 Jawa Barat Dalam Angka 2015 http://pusdalisbang.jabarprov.go.id/p usdalisbang/berkas/jabardalamangka/ 54Jawa-Barat-Dalam-Angka- 2015.pdf . (Diakses pada tanggal 1 oktober 2016)

Sigit Setiawan 2012. Dampak Terhadap Ekspor ASEAN-China. Jakarta Kementrian Keuangan Republik Indonesia https://www.kemenkeu.go.id/.../2014 _kajian_pkrb_01.%20ASEAN- CHINA%20FTA.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i3.1644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: