MOTIVASI PETANI DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH DI DESA JATIRAGAS HILIR, KECAMATAN PATOK BESI, KABUPATEN SUBANG

Eliza Aprilia, Rani Andriani Budi Kusumo

Abstract


Ketahanan pangan dalam rumah tangga petani adalah faktor penting dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Petani yang tahan pangan adalah petani yang tidak menerima bantuan pemerintah dalam bentuk rastra (beras sejahtera) sebaliknya petani yang tidak tahan pangan adalah petani yang menerima bantuan pemerintah yaitu rastra. Dalam pelaksanaan usaha tani, kinerja seorang petani dipengaruhi oleh motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi petani dalam mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga petani padi sawah serta mengetahui faktor-faktor yang cenderung berhubungan dengan motivasi petani dalam mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga petani padi sawah. Penelitian ini dilakukan di Desa Jatiragas Hilir, Kecamatan Patok Besi, Kabupaten Subang. Teknik pengambilan data dilakukan secara purposif terhadap 29 petani di Desa Jatiragas Hilir yang menerapkan usaha tani padi sawah. Desain penelitian ini adalah kualitatif. Analisis yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani penerima rastra memiliki motivasi yang tinggi dalam mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga petani padi sawah sedangkan petani bukan penerima rastra memiliki motivasi yang rendah dalam mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga petani padi sawah. Faktor internal yang cenderung berhubungan antara petani penerima rastra dengan motivasinya dalam mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga petani padi sawah adalah umur, pengalaman usaha tani, luas lahan garapan sedangkan faktor eksternalnya adalah ketersedian modal dan ketersediaan sarana dan prasarana produksi dalam usaha tani padi sawah tersebut. Namun tidak terdapat kecenderungan berhubungan antara faktor eksternal dan internal dengan motivasi petani bukan penerima rastra dalam mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga petani padi sawah.Kata kunci: motivasi, petani , padi sawah, ketahanan pangan rumah tangga petani

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., & Muwardi, D. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Petani dalam Meningkatkan Produksi Padi di Desa Bungaraya Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Pertanian, 2(2), 1-9.

Deny, R. 1997. Sukses Memotivasi Jurus Jitu Meningkatkan Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dewandini, Sri Kuning Retno. (2010). Motivasi Petani Dalam Budidaya tanaman Mendong (Fimbristylis Globulosa) Di Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman (Doctoral dissertation, UNS).

Faturrahman, Akmal. (2017). Motivasi Petani dalam Penerapan Teknik Budiaya Padi Sawah Secara Organik dengan Metode Sri (Studi Kasus di Kelompok Tani Mekar Sari IV, Desa Ciapus, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat). Skripsi Program Studi Agribisnis. Universitas Padjadjaran: Sumedang).

Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Grasindo.

Hasibuan, Malayu Sp. 2006. Dasar-dasar, Pengertian, dan Masalah Dalam Manajemen. Jakarta: Bumi aksara, Edisi Revisi.

Hernanto, F. 1989. Ilmu Usaha tani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Khairunnisa, Naning. (2015). Motivasi petani dalam menanam komoditas pada daerah lumbung padi di kabupaten gresik. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi. Universitas Negri Surabaya: Surabaya).

Nasution. 1988. Metode Neuralistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Randupandojo , Suad Husnan. 2006. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sondang P. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, T. 2003. Perkembangan Sektor Pertanian di Indonesia-Beberapa Isu Penting. Jakarta: Ghalia Indonesia

Thoha, Miftah. 2004. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya : Jakarta:

Raja Grafindo Persada. Untung, K. 1997. Peranan Pertanian Organik dalam Pembangunan yang Berwawasan Lingkungan. Makalah Seminar Nasional Pertanian Organik. Jakarta: Yayasan Bumi Lestari.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i3.1649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: