MULTIFUNGSI LAHAN SAWAH DI KELURAHAN KERSANAGARA, KECAMATAN CIBEUREUM, KOTA TASIKMALAYA, PROVINSI JAWA BARAT

Azis Pamungkas, Trisna Insan Noor, Dede Sudradjat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multifungsi lahan sawah di Kelurahan Kersanagara dengan pendekatan dinamika multifungsi lahan sawah. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis deskriptif guna mendeskripsikan dinamika multifungsi lahan sawah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Teknik pengumpulan data melalui Focus Group Discussion (FGD), observasi partisipatif, dan wawancara mendalam dengan jumlah informan sebanyak 50 orang yang yang ditentukan secara sengaja (purposive) dan diperoleh dengan cara snow ball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 multifungsi lahan sawah, terdapat 6 multifungsi lahan sawah yang terjadi perubahan yaitu penyedia lapangan pekerjaan, sumber pendapatan, mewujudkan ketahanan pangan, konservasi air, pemelihara keindahan alam, dan media interaksi sosial antar petani, sedangkan 5 multifungsi lahan sawah yang lainnya tidak mengalami perubahan yaitu sebagai mitigasi banjir, pengendali erosi, pendaur ulang sampah organik atau limbah, keanekaragaman hayati (habitat flora dan fauna), dan pelestarian tradisi dan budaya.Kata kunci : multifungsi lahan sawah, alih fungsi lahan, kebijakan LP2B, perkotaan

Full Text:

PDF

References


Adimihardja, A. 2006. Strategi Mempertahankan Multifungsi Pertanian Di Indonesia. Prosiding Seminar Multifungsi dan Revitalisasi Pertanian. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian Vol. 25, No. 3. Bogor. Agus, F., & E.

Husen. 2005. Tinjauan Umum Multifungsi Pertanian. Prosiding Seminar Nasional Multifungsi Pertanian dan Ketahanan Pangan. Bogor, 12 Oktober dan 24 Desember 2004. Puslitbangtanak, Bogor. hlm. 1−16.

Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya. Kecamatan Cibeureum Dalam Angka 2016.

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya. 2017. Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tasikmalaya Tahun 2011-2031.

Profil Kelurahan Kersanagara, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya Tahun 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i3.1658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: