STUDI KOMPARASI PENDAPATAN PETANI LOKAL DENGAN PETANI MODERN PADI SAWAH DI DESA MEKARJAYA, KECAMATAN KIARAPEDES, KABUPATEN PURWAKARTA

Berliana Yunita Sari, Mahra Arari Heryanto

Abstract


Sistem pertanian di Indonesia berawal dari sistem pertanian lokal yang masih menggunakan budaya dan adat istiadat pada tata cara usahataninya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu sistem pertanian di Indonesia sudah mulai bergeser lebih modern dengan meninggalkan budaya dan adat istiadat, penggunaan bahan kimia seperti pupuk dan pestisida juga sudah dilakukan oleh petani untuk membantu meningkatkan produksi padi. Petani di desa Mekarjaya sudah beralih ke sistem pertanian modern, namun masih ada pula petani yang tidak meninggalkan adat dan budaya dalam tata cara usahatani mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah pendapatan petani padi sawah sistem pertanian lokal dengan sistem pertanian modern di Desa Mekarjaya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah inferensial kuantitatif. Sampel sebanyak 70 responden diambil dari populasi menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu Independent sample t – test.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem pertanian lokal dan sistem pertanian modern tidak memiliki perbedaan dari usahataninya. Namun, perbedaan terletak pada tata cara dan adat istiadat yang masih dilakukan petani lokal seperti penggunaan sesajen. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara pendapatan per hektar petani lokal dengan petani modern.Kata Kunci: Pertanian lokal, pertanian modern, padi, , pendapatan

Full Text:

PDF

References


Pusat Statistik. 2016. Data Produksi Padi Menurut Provinsi Jawa Barat Tahun 2011 - 2015. http://bps.go.id/ Diakses pada tanggal 15 Februari 2018.

Gliessman, S. R. 2015. Agroecology: The Ecology of Sustainable Food Systems. Third Edition. CRC Press. New York.

Primilestari, S. and Edi, S. 2015. Penerapan Teknologi Untuk Meningkatkan Produksi Padi Sawah pada Lahan Tadah Hujan Kota Jambi. Palembang: Proseding Seminar Nasional Lahan Suboptimal 2015. http://pur-plso.unsri.ac.id/ Diakses pada tanggal 15 Februari 2018.

Rachmad, M. F. 2010. Peranan Sektor Pertanian Terhadap Perekonomian Indonesia Berdasarkan Pada Luas Panen Komoditas Padi, Produksi Padi, Areal Pertanian dan Investasi Sektor Pertanian. http://eprints.ums.ac.id/ Diakses pada tanggal 13 Februari 2018.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i3.1660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: