ANALISIS USAHATANI PENANGKARAN BENIH PADI (Oryza sativa l.) VARIETAS CIHERANG

Didi Kusnadi, Dedi Herdiansah Sujaya, Zulfikar Noormansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan dari usahatani penangkaran benih padi (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang per hektar per musim tanam di Desa Purwajaya Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis; dan 2) Besarnya R/C usahatani penangkaran benih padi (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang per hektar per musim tanam di Desa Purwajaya Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada seorang petani penangkaran benih padi (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang di Desa Purwajaya Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja atau sampel bertujuan (purposive sampling), yaitu pada seorang petani penangkaran benih padi (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang di Desa Purwajaya Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis yang bernama Kasmin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Besarnya biaya adalah sebesar Rp 17.480.683,84, penerimaan sebesar Rp 33.076.917,00, sehingga pendapatan sebesar Rp 15.596.216,16 dari usahatani penangkaran benih padi (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang per hektar per musim tanam di Desa Purwajaya Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. 2) Besarnya R/C usahatani penangkaran benih padi (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang per hektar per musim tanam di Desa Purwajaya Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis sebesar 1,89. Artinya bahwa setiap satu rupiah biaya yang dikeluarkan petani akan memperoleh penerimaan sebesar 0,89 rupiah dan pendapatan sebesar 0,89 rupiah.Kata kunci : analisis usahatani, penangkaran benih padi (oryza sativa l.) varietas Ciherang

Full Text:

PDF

References


Aak, 2003, Teknik Bercocok Tanaman Padi, Kanisius, Yogyakarta.

Ardianto, E. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations - Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rieneka Cipta. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Pusat. 2013. Statistik Indonesia, Jakarta.

BP3K Kecamatan Purwadadi, 2013. Laporan Bulanan 2012, Dipertan Kecamatan Purwadadi.

Daniel, M. 2002. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, 2013. Pembangunan Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura di Jawa Barat. Bandung.

Gujarati, D. 2003, Econometric. Erlangga, Jakarta.

Hessie, R. 2009. Analisis Produksi dan Konsumsi Beras Dalam serta Implikasinya Terhadap Swasembada Beras di Indonesia. Skripsi. Bogor: IPB (Tidak dipublikasikan) http://id.wikipedia.org/wiki/Padi/diunduh 23 Januari 2014.

Jhingan, 2003. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Jakarta : Rajawali Press.

Kaban, T.F., 2012. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi pada Usahatani Padi Sawah di Desa Sei Belutu Kecamatan SEI Bamban Kabupaten Serdang Bedaga. Jurnal Ilmiah, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Khazanani, A. 2011. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi Usahatani Cabai Kabupaten Temanggung (Studi Kasus di Desa Gondosuli Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung). Universitas Diponegoro, Semarang. (tidak dipublikasikan).

Lidia, R. 2008. Pengaruh Proyek Irigasi Bahbolon terhadap Produksi Padi Petani Kec. Air Putih, Kab. Asahan, Sumut. Tesis. Program Pascasarjana. USU. Medan. (tidak dipublikasikan).

Mantra, I. 2004. Pengantar Studi Demografi. Nur Cahaya. Jakarta.

Menteri Pertanian, 2007. Tantangan dan Prospek Sector Pertanian Dalam Menguatkan Jati Diri Bangsa. Kuliah umum IPB, Bogor 5 Mei 2007.

Nuhung, I.A. 2003. Membangun Pertanian Masa Depan. Aneka Ilmu. Semarang.

Nurmanaf, A.R., 2003. Karakteristik Rumahtangga Petani Berlahan Sempit: Struktur dan Stabilitas Pendapatan di Wilayah Berbasis Lahan Sawah Tadah Hujan (Kasus di Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur). J. SOCA Vol. 3 No. 2. Juli 2003.

Pitojo, S., Ir., 2003, Bertanam Padi Sawah Tabela, Penebar Swadaya, Jakarta.

Rahardi. F. 2009. Agribisnis Tanaman Perkebunan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rahim. 2007. Pengantar Teori dan Aplikasi. Ekonomika Pertanian. Jakarta. Penebar Swadaya.

Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta : Rineka Cipta

Soekartawi, 2005. Analisa Usahatani. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

_________. 2006. Analisis Usahatani. UI Press. Jakarta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sukirno, S.,2005. Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta: LPFE UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v1i2.242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: