ANALISIS PEMASARAN LADA PERDU

Erwin Krisnadi, Soetoro Soetoro, Mochamad Ramdan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) saluran pemasaran lada perdu di Desa Margamulya Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, (2) besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran lada perdu di Desa Margamulya Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, (3) besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) lada perdu dari harga eceran di Desa Margamulya Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan mengambil lokasi penelitian Desa Margamulya Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus di Desa Margamulya Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, jumlah sampel responden petani sebanyak 7 orang, sedangkan untuk sampel lembaga pemasaran diambil dengan cara Snowball Sampling terhadap 1 orang pedagang pengumpul, 1 orang pedagang besar dan 3 orang pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat satu saluran pemasaran lada perdu di Desa Margamulya Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis yaitu : Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. Pada saluran pemasaran lada perdu melibatkan tiga lembaga pemasaran yaitu pedagang pengumpul, pedagang besar dan pedagang pengecer. Besarnya total marjin pemasaran adalah Rp. 8.500,00 per kilogram dengan total biaya pemasaran Rp. 435,84 per kilogram sehingga total keuntungan pemasaran Rp. 8.064,16 per kilogram. Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer share) pada saluran pemasaran lada perdu adalah 85,47 persen.Kata kunci : pemasaran, margin, farmer share

Full Text:

PDF

References


Angipora, M. 2008. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Azhari, DH,. 2004. Dukungan Pengolahan dan Pemasaran Hasil terhadap Pengembangan Agribsinis Hortikultura. Makalah Disampaikan pada Pertemuan Sinkronisasi Pelaksanaan Pengembangan - Hortikultura 2004. Cisarua Bogor, 24 – 27 Mei 2004.

Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Karangnunggal. 2010. Laporan Tahunan. Tasikmalaya.

Daniel, M. 2010. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ciamis. 2010. Laporan Tahunan. Ciamis.

Budidaya Lada Perdu (Piper nigrum L.). Ciamis.

Desa Marga Mulya Kecamatan Kawalirangnunggal. 2013. Data Monografi Desa Marga Mulya. Ciamis.

Kastaman, R. 2006. Pengembangan Model Agroindustri dan Pemasaran Terpadu Komoditi Lada Perdu di Kabupaten Ciamis. Laporan Kajian Pengembangan Komoditi Lada Perdu. Kerjasama LPM UNPAD dengan Direktorat Jenderal P2HP Departemen pertanian.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Dua Belas Jilid 1. Indeks, Jakarta.

Mantra. 2000. Demografi Umum. UI Press. Jakarta.

Sitanggang, E. 2008. Analisis Usahatani Dan Tataniaga Lada. Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Soekartawi, 2000. Pengantar Agroindustri. Raja Grapindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Suratiyah, K. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Swastha, B. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v1i2.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: