ANALISIS KELAYAKAN USAHA AGROINDUSTRI KRMES (Studi Kasus di Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis)

Resa Hairun Nisa, Dini Rochdiani, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Kremes merupakan makanan ringan yang bahan bakunya terbuat dari ubi kayu. Diharapkan dengan adanya industri pengolahan akan membuat hasil pertanian menjadi suatu produk yang mempunyai nilai tambah dan bernilai ekonomi yang tinggi sehingga mampu meningkatkan keuntungan untuk perusahaan agroindustri kremes. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan pada agroindustri kremes di Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis dalam satu kali proses produksi, dan (2) Besarnya R/C pada agroindustri kremes di Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis dalam satu kali proses produksi.  Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan mengambil kasus di Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Teknik penarikan sampel secara sengaja (purposive sampling) dan seluruhnya diambil sebagai sampel penelitian atau dilaksanakan sensus. Hasil penelitian menunjukan: (1) Rata-rata biaya total kremes di Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng dalam satu kali proses produksi adalah Rp 2.432.800,1, sedangkan rata-rata penerimaan adalah Rp 3.000.000,00 per satu proses produksi, sehingga diperoleh rata-rata pendapatan Rp 567.199,9, dan (2) Rata-rata R/C agroindustri kremes di Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis adalah 1,23 artinya setiap biaya yang dikeluarkan 1 rupiah menghasilkan penerimaan 1,23 dan pendapatan 0,23.

Keywords


Biaya, Penerimaan, Pendapatan, R/C

References


Fatah, L. 2007. The Potentials of Agro-Industry for Growth Promotion and Equality Improvement in Indonesia. Asian Journal of Agriculture and Development, 4(1): 57-74.

Makarawung, V,. Pangemanan , P. A,. dan Pakasi C.B. 2017. Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik pada Industri Rumah Tangga di Desa Membe Kecamatan Membe. Agro-Sosioekonomi: Jurnal Ilmiah Sosial Ekonomi Pertanian, 13(2A): 83-90.

Rahim, A., & Hastuti, D. R. D. 2007. Pengantar Teori dan Kasus Ekonomika Pertanian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Soekartawi. 2002. Analisis Usaha Tani. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Sujarweni. 2018. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukino. 2013. Membangun pertanian dengan pemberdayaan masyarakat tani: terobosan menanggulangi kemiskinan. Pustaka Baru Press.

Wirosuharjo. 2004. Dasar-Dasar Demografi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i2.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: