ANALISIS SALURAN PEMASARAN MAKANAN RINGAN KEDELAI CRISPY (Studi Kasus di Desa Bendasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis)

Iis Mulyati, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran kedelai crispy di Desa Bendasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, (2) Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran dari lembaga pemasaran kedelai crispy di Desa Bendasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, (3) besarnya bagian harga yang diterima pengusaha (share) dari harga yang dibayarkan konsumen.Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survai, dengan mengambil kasus di Desa Bendasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode acak sederhana (Purposive Sampling). Responden yang diambil sebanyak 1 orang yang ada di daerah penelitian, sedangkan sampel untuk lembaga pemasaran diambil dengan cara (Snowball Sampling) terhadap 1 orang pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)        Terdapat dua saluran pemasaran kedelai crispy di Desa Bendasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Pada saluran pemasaran 1:  perajin → konsumen akhir. Pada saluran pemasaran 2: perajin→ pedagangpengecer→         konsumen akhir.2)        Pada saluran 2 pemasaran kedelai crispy melibatkan satu lembaga pemasaran yaitu pedagang pengecer. Besarnya total marjin pada saluran pemasaran II adalah Rp. 4.500,00 per kg dengan total biaya pemasaran sebesar Rp.47.78 per kg sehingga total keuntungan pemasaran sebesar Rp. 4.453 per kg.3)        Besarnya bagian harga yang diterima perajin (share) pada saluran 1 adalah 100 persen, sedangkan pada saluran II adalah 89,54 persen.

Keywords


Pemasaran, Kedelai, Perajin.

References


Adisarwanto, T. 2008. Budidaya Kedelai Tropika. Penebar Swadaya. Jakarta.

Angipora. 2010. Dasar-dasar Pemasaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. CV Andi Offsert. Yogyakarta.

Iqbal, M, Sudaryanto, T. 2008. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) dalam Perspektif Kebijakan Pembangunan Pertanian. Analisis Kebijakan Pertanian, vol. 6 No. 2, Juni 2008.

Stanton, william J.2007. Prinsip Pemasaran yang dikutip oleh Dharmesta

Jakarta; Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i2.2471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: