Analisis Profitabilitas Agroindustri Serundeng (Studi Kasus pada PT. Dinaya Sambiana Loemintoe di Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran)

Meti Supriatin, Dini Rochdiani, Dani Lukman Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui besarnya biaya, penerimaan, pendapatan dan R/C yang diperoleh agroindustri serundeng. (2) Menghitung besarnya profitabilitas usaha agroindustri serundeng. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan studi kasus pada agroindustri serundeng Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel yang digunakan. Jumlah responden hanya 1 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Total biaya produksi yang dikeluarkan oleh perajin dalam satu kali proses produksi adalah Rp 7.504.763,- dengan penggunaan kelapa 3000 butir. (2) Penerimaan yang diperoleh perajin dalam satu kali proses produksi adalah Rp 14.000.000,-. (3) Pendapatan yang diperoleh perajin dalam satu kali proses produksi adalah Rp 6.495.237,-. (4) Usaha agroindustri serundeng apabila dilihat dari segi ekonomis cukup menguntungkan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai R/C 1,86 artinya setiap Rp 1,0 biaya yang dikeluarkan diperoleh penerimaan 1,86 dan memperoleh pendapatan atau keuntungan 0,86. (5) Usaha agroindustri serundeng diketahui nilai Gross Profit Margin 54%  dan Net Profit Margin 46,39% menunjukkan bahwa perusahaan sudah mengeluarkan biaya-biaya yang efisien sehubungan dengan kegiatan operasinya, maka semakin baik kemampuan perusahaan memperoleh laba yang tinggi.

Keywords


Agroindustri, Biaya, Profitabilitas

References


Agus Sartono. 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. BPFE. Yogyakarta.

Ali Kesuma. 2009. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go-Public di BEI. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. II. No. 1/Hal: 38-45.

Anggraeni, R. 2007. Optimasi Formula dan Pendugaan Umur Simpan Emulsi Virgin Coconut Oil. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Dr. Kasmir. (2015), Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Harefa, O. 2011. Studi Kelayakan Bisnis Industri Pengolahan Minyak VOC di Kabupaten Nias. (http://ofosiharefa-knias.blogspot.co.id). Diakses tanggal 28 Februari 2018. 19:40

Jumiati, E., Darwanto, Hartono, dan Masyhuri, 2013. Pendapatan Berdasarkan Status Penguasaan Lahan Usahatani.

Nasehudin, dan Gozali. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV PustakaSetia.

Rahardjo, S. & Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Entterprise.

Tresnawati, D. 2010. Analisis Pengembangan Agroindustri Dodol Nanas di Kabupaten Subang. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sinaga, Bonar, M dan Sri, H.S. 2009. Dampak Ekonomi di Sektor Agroindustri Terhadap Distribusi Pendapatan Sektoral, Tenaga Kerja dan Rumah Tangga di Indonesia: Analisis Sistem Neraca Sosial Ekonomi.

Sholihah, H., Hidayat I, S dan Yuliati, N 2014. Persepsi Dan Sikap Nasabah Dalam Memperoleh Kredit Usaha Agribisnis Pada Bank Konvensional Dan Bank Syariah. JSEP Vol. 7 No. 1 : 1-8.

Sudana, Made. I. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga

Sudaryanto, T. 2005. Pengembangan Pertanian Industrial engan Pendekatan Agribisnis: Konsep dan Implementasinya. Naskah Seminar Nasional Dukungan Inovasi Teknologi Dalam Akselerasi Pengembangan Agribisnis Industrial Pedesaan. Malang.

Suratiyah. 2009. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Yutimah, Herdiansah, D. dan Pardani, C. 2015. Analisis Pemasaran Pala (Myristica Fragran Houtt). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 2 Nomor 1, : 61-67.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i2.2478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: