FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Vina Fandini, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Agrbisnis Fakultas Pertanian Universitas Galuh. Sampel diambil dengan metode simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Spearman Rank’s dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Terdapat hubungan dengan tingkat kekuatan hubungan yang cukup, signifikan dan angka koefisien korelasinya bernilai positif antara ekspektasi pendapatan, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan sosial dengan minat berwirausaha. 

Keywords


Ekspektasi Pendapatan, Pengetahuan, Lingkungan Sosial, Minat berwirausaha

References


Adhitama, Paulus Patria. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha. (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip, Semarang.Universitas Diponegoro Semarang). Skripsi.

Bygrave, W. D. 2003. The Portable MBA Entrepreneurship. Aksara. Jakarta. Binarupa.

Cahyo, Antonius Chandra Tri. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausah pada Mahasiwa (Studi Kasus : Mahasisw/I Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sanata Dharma) .Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skirpsi.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS Cetakan Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hisrich, Robert D et al. 2008. Entrepreneurship (7thed). McGraw Hill. Singapore.

Ismaya, Seva. 2018. Pengaruh Kemandirian Pribadi, Ekspektasi Pendapatan, dan Pendidikan Kewirausahaan Siswa Muslim di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung. IAIN Tulungagung.Skripsi-dipublikasikan.

Mu’alimah, Umi. 2015. Analisis Pengaruh Faktor Motivasi, Lingkungan dan Pengetahuan Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa (Studi Kasus pada Koperasi Mahasiswa Tahun 2014). Skirpsi, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Oktorina, Trivena. 2018. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasisawa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma.FKIP Universitas Snata Dharma Yogyakarta. Skripsi-dipublikasikan.

Pasaribu, H. Ali Musa. 2012. Kewirausahaan Berbasis Agribisnis. Penerbit Andi. Yogyarakta.

Putra, Irsan Darma. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. UII Yogyakarta. P.ISSN : 1978-6751.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Soekartawi. 1993. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2002.Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

________. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sumanto. 2014. Statistika Terapan. CAPS. Yogyakarta.

Suryana. 2009. Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat. Jakarta.

Takdir, Dedy dkk. 2015. Kewirausahaan. Wijana Mahardi Karya. Yogyakarta.

Trisnawati, Novi. 2014. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahan dan Dukungan Sosial Keluarga pada Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Pamekasan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan dan Kewirausahaan Unesa Volume . 2 Nomor. 1, Tahun 2014.

www.BPS.go.id diakses pada 19 Februari 2019.

Yuliyaningsih, Ika Pin., Susilaningsih dan Jaryanto. 2013. Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan Persepsi Peluang Kerja di Bidang Akuntansi dengan Minat Berwirausaha. Jupe UNS vol. 2, No. 1, Hal 131-145.

Zimmerer, Thomas W et al. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil Edisi 5 buku 1. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i2.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: