ANALISIS PREFERENSI PENGRAJIN KECAP TERHADAP KARAKTERISTIK KEDELAI DI KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN (Studi Kasus Pada Agroindustri Kecap di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran)

Rima Permatasari, Trisna Insan Noor, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Industri kecap merupakan salah satu agroindustri yang penting untuk dikembangkan karenadapat memberikan nilai tambah komoditas kedelai yang mudah rusak. preferensi terhadappemilihan kedelai sebagai bahan baku salah satunya adalah jenis kedelai, warna kedelai,ketersediaan bahan baku dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1) mengetahui preferensi pengrajin kecap di Kecamatan Parigi terhadap karakteristikkedelai (2) Mengidentifikasi atribut karakteristik kedelai yang dianggap penting olehprodusen kecap di Kecamatan Parigi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitianadalah metode kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, dengan mengambilsuatu kasus pengrajin kecap di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Teknikpenarikan responden menggunakan metode sensus yaitu dengan mengambil seluruhagroindustri kecap yang ada di Kecamatan Parigi. Analisis yang digunakan dalampenelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukan : (1) PreferensiPengrajin kecap di Kecamatan Parigi umumnya menyukai karakteristik kedelai yang sama,yaitu berwarna hitam, bentuk biji cukup seragam, ukuran tidak seragam, bahan baku mudahtersedia, dan harga kedelai cukup murah, sedangkan dari segi ukuran biji, bentuk biji,ketebalan kulit dan tingkat kekeringan biji, pengrajin kecap mempunyai selera yangberbeda terhadap karakteristik kedelai. (2) Atribut yang dianggap paling penting padaagroundustri kecap di Kecamatan Parigi adalah warna kulit biji, sedangkan atributkarakteristik kedelai lainnya dianggap tidak penting karena pada agroindustri kecap yangdiambil adalah sari kedelai hasil fermentasi.

Keywords


Preferensi, Pengrajin Kecap, Karakteristik Kedelai

References


BPS, 2019. Industri Besar dan Industri Kecil

Ginting, E. dan Yulifianti, R. 2015. Preferensi Industri Terhadap Kecap dari Varietas Unggul Kedelai Hitam. Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi. Malang

Sugiarto, E. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. CV. Sulusi Distribusi. Yogyakarta.

Krisdiana, R. dan Heriyanto. 2000. Penggunaan komoditas kedelai untuk industri produk olahan rumah tangga di pulau Jawa. Makalah Balitkabi No.2000-149. Disampaikan pada Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian untuk Mendukung Ketahanan Pangan, Denpasar, 23-24Oktober 2000. 20 p.

Widyawati. 2009. Analisis Preferensi Pangan Masyarakat dan Daya Dukung Gizi Menuju Pencapaian Diversifikasi Pangan Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Sarjana Gizi Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Zakiah, 2012. Preferensi dan Permintaan Kedelai pada Industri dan Implikasinya Terhadap Manajemen Usaha Tani. Jurnal Agrisep Vol. (12), No. 1. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i2.2511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: