PROSES PRODUKSI DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI TEH CELUP DAUN KELOR DI PT. LENTERA BUMI NUSANTARA (Studi Kasus di Desa Ciheras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya)

Nuneng Nuraeni, Trisna Insan Noor, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Pemanfaatan tanaman kelor di Indonesia saat ini masih terbatas, selain pemanfaatan secara tradisional, daun kelor hingga saat ini dikembangkan menjadi produk pangan modern seperti teh daun kelor.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Proses produksi, 2) Penyerapan tenaga kerja, 3) Pemasaran, 4) Biaya dan pendapatan pada agroindustri teh celup daun kelor di PT. Lentera Bumi Nusantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan ditentukan dengan sengaja yaitu responden yang merupakan komisioner di PT. Lentera Bumi Nusantara. Hasil peneitian menunjukan bahwa :1) Proses pengolahan dimulai dari pengambilan daun kelor dari petani sebagai bahan baku pembuatan teh, kemudian pengikatan daun yang masih melekat pada tangkai, pencucian daun kelor, selanjutnya pelayuan daun, pengeringan daun dengan oven, sortasi daun, penghancuran daun dengan blander menjadi bubuk kelor, pengayakan bubuk, penimbangan bubuk, pengemasan tahap satu pada tea bag, pengemasan tahap akhir, pengepressan, pelabelan, dan siap dipasarkan. Kegiatan produksi teh daun kelor dilakukan setiap dua minggu sekali dan penjualan teh daun kelor dilakukan secara langsung maupun online. 2) Kegiatan pemasaran pada agroindustri teh celup daun kelor hanya melibatkan satu saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran nol tingkat, karena dalam pemasaran teh celup daun kelor tidak melibatkan lembaga pemasaran.

Keywords


Proses Produksi, Pemasaran, Teh daun kelor.

References


Ahyari, A. 2003. Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Lembaga Penerbit BPFE-UGM. Yogyakarta.

Anjayani dan Haryanto, 2009. Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta. Citra Raya. Bandung.

Kotler, P. Kaller. 2009. Manajemen Pemasaran edisi 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Heizer, J. dan Reider, B. 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi. Penerbit Salemba Empat dan Pearson Education Asia, Ptc. Ltd.

Simbolan, JM, M Sitorus, N Katharina. 2008. Cegah Malnutrisi dengan Kelor. Kanisius. Yogyakarta.

Swastha. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. (edisi 2), Penerbit Liberty-Yogyakarta. Yogyakarta.

Thomas, A. 2007. Tanaman Obat Tradisional. Kanisus. Yogyakarta

Kotler, P. Kaller. 2011. Manajemen Pemasaran, edisi 13 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa : Bob Sabra, Erlangga. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i3.2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: