Analisis Saluran Pemasaran Padi Organik (Studi Kasus pada Kelompok Tani Putra Mandiri di Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya)

Yadi Supriatna, Budi Setia, Sudradjat Sudradjat

Abstract


YADI SUPRIATNA. 2019. Analisis Saluran Pemasaran Padi Organik. (Studi Kasus pada Kelompok Tani Putra Mandiri di Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya) Di bawah bimbingan BUDI SETIA dan SUDRAJAT.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Saluran pemasaran padi organik pada Kelompok Tani Putra Mandiri di Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, (2) Besarnya biaya, margin dan keuntungan pemasaran padi organik pada Kelompok Tani Putra Mandiri di Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya (3) Bagian harga yang diterima petani (farmer‘s share) pada Kelompok Tani Putra Mandiri di Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari 30 orang petani dan 1 orang pengepul. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapatnya dua saluran pemasaran padi organik pada Kelompok Tani Putra Mandiri di Desa Linggaraja, yaitu : (a) Saluran Pemasaran 1 : Produsen - Konsumen Industri (b) Saluran Pemasaran 2 : Produsen – Pedagang Pengepul - Konsumen Industri. (2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran padi organik hanya terdapat pada saluran 2 yaitu sebesar Rp. 300,00 per kg, Rp. 100,00 per kg dan Rp. 200.00 per kg. (3) Bagian harga yang diterima petani (Farmer’s Share) pada kelompok tani Putra Mandiri pada saluran 1 yaitu 100 %, sedangkan untuk saluran pemasaran 2 yaitu 94,83 %.

Keywords


: Saluran Pemasaran, Padi Organik, Biaya Pemasaran, Marjin Pemasaran, Keuntungan Pemasaran.

References


Alhusniduki, 2007. Alat dan Teknik untuk Memperbaiki Mutu. Higher Education Depelopment Support Project. Jakarta.

Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

BPP Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya 2018. Data Kelompok Tani Padi Organik dan Data Curah Hujan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya 2018. Tasikmalaya.

Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya. 2018. Data Budidaya Padi Organik di Kabupaten Tasikmalaya.Tahun 2018. Dinas Pertanaian Kabupaten Tasikmalaya. Tasikmalaya.

Direktoral Jendral Tanaman Pangan. 2018. Pedoman Pelaksanaan Program Peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Tanaman Pangan untuk Mencapai Swasembada dan Swasembada Berkelanjutan. Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Jakarta.

Fatimah, S.N. 2011. Analisis Pemasaran Kentang (Solanum tuberosum L) di Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Imliah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: