Daya Saing Berkelanjutan Produk Agroindustri Jus Honje ( Studi Kasus Pada Agroindustri HOLA Juice Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran)

ruswana wana, Sudrajat Sudrajat, Iwan Setiawan

Abstract


Daya saing mengindikasikan bagaimana suatu badan usaha atau organisasi  bisnis mampu berkompetisi dengan usaha lain yang sejenis ataupun non sejenis dengan memanfaatkan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing berkelanjutan agroindustri jus honje pada agroindustri  HOLA Juice di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini didesain secara kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus pada usaha agroindusti jus honje pada perusahaan HOLA Juice di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Indeks dan status berkelanjutan dianalisis berdasarkan kriteria berkelanjutan pada setiap dimensi dengan metode MDS yang menggunakan proses ordinasi Rap IPM. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa : 1). Nilai untuk dimensi ekonomi sebesar 55,80, menunjukan kategori cukup berkelanjutan dan diperoleh indikator yang sensitif terhadap nilai indeks berkelanjutan, yaitu kontribusi terhadap pendapatan keluarga dan tingkat keuntungan perusahaan; 2). Nilai untuk dimensi kualitas sebesar 47,62, menunjukan kategori kurang berkelanjutan dan diperoleh indikator yang sensitif terhadap nilai indeks berkelanjutan, yaitu kesesuain produk dengan spesifikasi desain; 3). Nilai untuk dimensi fleksibilitas dan waktu penyampaian  sebesar 64,72, menunjukan kategori cukup berkelanjutan dan diperoleh indikator yang sensitif terhadap nilai indeks berkelanjutan, yaitu penyesuaian kondisi lingkungan dan macam produk yang dihasilkan; 4). Nilai untuk dimensi persaingan sebesar 62,42, menunjukan kategori cukup berkelanjutan, dan  diperoleh indikator yang sensitif terhadap nilai indeks berkelanjutan, yaitu kompetisi industri, promosi, dan kerjasama dengan pengusaha bisnis lainnya; 5). Nilai untuk dimensi teknologi dan infrastruktur sebesar 36,25, menunjukan kategori kurang berkelanjutan dan diperoleh indikator yang sensitif terhadap nilai indeks berkelanjutan, yaitu teknologi pemasaran dan promosi.


Keywords


jus honje, daya saing, dimensi daya saing

References


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 2014. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Jakarta.

BPS Indonesia. 2019. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. dari https://www.bps.go.id/istilah/index.html?Istilah_page=4

Buih Pangandaran. 2017. Jus Honje Minuman Khas Kabupaten Pangandaran. Dari http://buihpangandaran.blogspot.com/2017/07/jus-honje-minuman-khas-kabupaten.html?=1

Fauzi, A. Anna, S. 2002. Evaluasi Status Keberlanjutanpembangunan Perikanan: Aplikasi Pendekatan Rapfish (Studi Kasus Perairan Pesisir DKI Jakarta). Pesisir dan Lautan 4(3).

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Uniersitas Indonesia.

Muhardi. 2007. Strategi Operasi : Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Shimp, Terence A. 2010. Advertising Promotion And Other Aspects Of Interated Marketing Communication 8th Edition. Canada : Nelson education, Ltd.

Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Yustika, A.E. 2000. Industrialisasi Pinggiran. Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI). Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/agroinfo%20galuh.v7i1.2566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Imliah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: