JARINGAN KOMUNIKASI PEMASARAN BERAS (Studi Kasus pada CV Jembar Rahayu di Desa Sukamantri Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya)

dian nurdiana, Iwan Setiawan, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


CV Jembar Rahayu merupakan pabrik beras yang besar di Desa Sukamntri yang sudah berdiri sejak tahun 1987 dan masih aktif berproduksi dan memasarkan beras hingga saat ini. Pemasaran beras CV Jembar Rahayu dilakukan sampai ke daerah Bandung yang dilakukan secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Jumlah saluran pemasaran CV Jembar Rahayu di Desa Sukamantri Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya; (2) Jaringan pemasaran beras yang terbentuk pada CV Jembar Rahayu di Desa Sukamantri Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, serta; (3) Proses komunikasi yang dilakukan oleh produsen maupun  konsumen untuk mengetahui harga beras di pasaran. Penelitian ini dilakukan di Desa Sukamantri dan Bandung dari bulan April sampai Agustus 2019. Penelitian ini didesain secara kualitatif dengan metode studi kasus dan pengambilan data dengan cara wawancara terhadap informan yang dipilih secara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Diketahui bahwa terdapat dua jenis saluran pemasaran yang terbentuk, produsen-pengepul-konsumen, dan produsen-pengepul-pengecer-konsumen; (2) Jaringan pemasaran terbentuk dari hasil turun temurun dan juga perluasan pasar yang diupayakan; (3) diketahui cara berkomunikasi yang dilakukan yaitu dengan cara bertatap muka langsung atau melalui media komunikasi.


Keywords


Jaringan Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Beras

References


Ary, D., Jacobs, L. C., dan Rajavieh, A. 1985. Introduction to Research in Education. Holt, Rinehart. New York.

Badan Pusat Statistik. 2018. Produksi Beras indonesia.Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Bogdan, R.C. dan Biklen. 1982. Pengantar Studi Penelitian. PT Alfabeta. Bandung.

Devito, J. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Professional Books. Jakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

Metcalf, R. 1991. Ethernet. Amerika.

Munandar, M.S. 2004. Metodologi Penelitian Sosial Pendekatan Kualitatif. Laboratorium Sosiologi dan Penyuluhan Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/agroinfo%20galuh.v7i1.2573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Imliah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: