KERAGAAN AGROINDUSTRI KELAPA PARUT KERING ( DESICCATED COCONUT ) (Studi Kasus Pada Agroindustri Kelapa Parut Kering di Desa Cidadali Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya)

ARIF BAHTIAR, Trisna Insan Noor, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Proses produksi agroindustri kelapa parut kering (desiccated coconut), 2) Besarnya Penerimaan dan pendapatan agroindustri kelapa parut kering (desiccated coconut) dalam satu kali proses produksi, 3) Besarnya price cost margin (PCM) agroindustri kelapa parut kering (desiccated coconut) dalam satu kali proses produksi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Cidadali Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya dengan menggunakan sampel penelitia adalah agroindustri kelapa parut kering (desiccated coconut) bapak Asep di Desa Cidadali Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Data yang diperoleh dianalisis secara mix method, yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) proses produksi kelapa parut kering (desiccated coconut) meliputi seleksi bahan baku, pengeluaran tempurung dan kulit ari, pencucian dan stabilisasi, penggilingan/ pemarutan, pengeringan, pendinginan dan pengemasan, 2) Besarnya penerimaan dan pendapatan yang diperoleh agroindustri kelapa parut kering (desiccated coconut) adalah sebesar Rp.28.600.000 untuk penerimaan dan Rp. 1.995.000 untuk pendapatan, 3) price cost margin (PCM) yang  diperoleh agroindustri kelapa parut kering (desiccated coconut) adalah 0,7 %.

Keywords


Agroindustri, kelapa parut kering, Keragaan, Analisis Biaya, Price Cost Margin.

References


Hastinawati, I. dan M. Rum. 2012. Keragaan Agroindustri Kerupuk Udang Di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika, 1(1) : 15-24. http://id.portalgaruda.org/index.php?page=18&ipp=10&ref=browse&mod=viewjournal&journal=6194.

Herdiansyah, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika. Jakarta.

Karouw, S., Barlina, R., dan Pasang, Patrik M.Pengolahan Dan Penyimpanan Desiccated Coconut (Kelapa Parut Kering. Journal.

Kementerian Pertanian, 2013. Pedoman Kewirausahaan Agribisnis . Jakarta.

M. Husain Makhluf. 2017.Analisis Hubungan Price Cost Margin Dan Market Share Dalam Kerangka Structure Conduct Performance (Scp). Journal.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: