EFISIENSI PEMASARAN KERIPIK KELAPA (Studi Kasus pada PT. Dinaya Sambiana Loemintoe di Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran)

Dewi Permatasari, Budi Setia, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) saluran pemasaran keripik kelapa pada PT. Dinaya Sambiana Loemintoe di Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. 2) besarnya biaya di tiap saluran pemasaran yang dikeluarkan oleh lembaga pemasaran. 3) besarnya marjin dan keuntungan pemasaran di tiap saluran pemasaran yang dikeluarkan oleh lembaga pemasaran. 4) efisiensi saluran pemasaran keripik kelapa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi kasus data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel untuk lokasi penelitian adalah purposive sampling, sedangkan lembaga pemasaran dengan cara snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan :1) Pemasaran keripik kelapa pada PT. Dinaya Sambiana Loemintoe yang berada di Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran memiliki dua jenis saluran pemasaran meliputi agen dan pedagang pengecer,. 2) Biaya Pemasaran di Tiap Saluran Pemasaran pada saluran I untuk agen meliputi biaya bongkar muat, transportasi dan retribusi yaitu Rp 2.250,00/kg, sedangkan pada saluran II untuk agen yaitu Rp 550,75/kg. sedangkan untuk pedagang pengecer meliputi biaya kemasan dan biaya angkut Rp 1.023,648/kg. 3) Marjin Pemasaran di Tiap Saluran Pemasaran pada saluran I untuk agen sebesar Rp 17.000,00/kg majin pemasaran pada saluran II untuk agen sebesar Rp 12.000,00/kg dan pedagang pengecer sebesar Rp 13.500,00/kg. Sedangkan keuntungan pemasaran di tiap saluran pemasaran pada saluran I untuk agen sebesar Rp 14.750,00/kg, keuntungan pada saluran II untuk agen sebesar Rp 11.449,25/kg dan pedagang pengecer sebesar 11.263,420/kg. 4) Secara menyeluruh dapat dikatakan bahwa pemasaran keripik kelapa pada PT. Dinaya Sambiana Loemintoe yang berada di Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran tergolong dalam kategori efisien.

Keywords


Pemasaran Keripik Kelapa, Efisiensi Pemasaran, Saluran Pemasaran

References


Abidin Z, Dkk. 2017. Pemasaran Hasil Perikanan. UB Press. Malang.

Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Deliarnov. 2006. Ekonomi Politik. Penerbit Erlangga. Jakarta..

Endra F. 2017. Pedoman Metodologi Penelitian. Zafatama Jawara. Sidoarjo.

Endraswara S. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan, Ideologi, Epstermologi Dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Widyatama. 2006.

Faqih, A. 2010. Manajemen Agribisnis. Dee Publish. Yogyakarta.

Sjamsir, Z. 2009. Pembangunan Pertanian Dalam Pusaran Kearipan Lokal. CV Sah Media. Makasar.

Suryanto, H,M. 2017. Metode Riset Dan Analisis Saluran Distribusi. PT Grasindo. Jakarta.

Waluya B. 2004. Menyelami Fenomena Sosial Di Masyarakat. PT Setia Putra Inves. Bandung

Winarno. 2014. Kelapa Pohon Kehidupan. PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: