ANALISIS PEMASARAN BENIH PADI SAWAH (Oryza sativa L.) VARIETAS CIHERANG

Ahmad Ubaedillah, Yus Rusman, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran benih padi sawah di Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. (2) Besarnya marjin pemasaran pada masingmasing lembaga pemasaran benih padi sawah di Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. (3) Keuntungan pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran benih padi sawah di Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. (4) Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) benih padi sawah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis dengan menggunakan metode survai. Responden petani diambil secara acak sederhana (simple random sampling), sedangkan untuk sampel lembagapemasaran diambil dengan cara snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Petani Produsen => Pedagang Pengumpul => Pedagang Besar => Pedagang Pengecer => KonsumenTerdapat satu saluran pemasaran benih padi sawah varietas Ciherang dari Desa Sindangasih yaitu : 2) Marjin pemasaran benih padi sawah varietas Ciherang di tingkat pedagang pengumpul sebesar Rp. 1.000,00 per kilogram, di pedagang besar sebesar Rp. 1.000,00 per kilogram dan di pedagang pengecer sebesar Rp. 1.000,00 per kilogram sehingga marjin keseluruhan sebesar Rp. 3.000,00 per kilogram. 3) Keuntungan pemasaran benih padi sawah varietas Ciherang yang diperoleh di tingkat pedagang pengumpul yaitu Rp. 716,00 per kilogram, pedagang besar Rp. 880,00 per kilogram dan pedagang pengecer Rp. 884,60 per kilogram sehingga keuntungan keseluruhan sebesar Rp. 2.480,60 per kilogram. 4) Farmer’s share atau bagian harga yang diterima petani adalah 64,7 persen dari harga yang dibayarkan konsumen. Kata kunci : Benih Padi Sawah, Pemasaran, Saluran

Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Anjayani dan Haryanto. 2009. Geografi SMA XI. Penerbit Cempaka Putih. Jakarta.

Anonim, 2009. Statistik Padi dan Palawija Provinsi Bali Tahun 2009. BPS Provinsi Bali. Bali

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Arifah, H. 2008. Sikap Petani Terhadap Proyek Subsidi Benih Padi Ciherang di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Surakarta.

Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih TPH Kabupaten Ciamis. 2013. Data Penangkaran Benih Tanaman Pangan. Ciamis.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. 2009. Petunjuk Teknis Penangkaran benih padi. Bandung.

Balai Besar Penelitian Padi. 2008. Padi Ciherang. Diakses dari

http://bbpadi.litbang.deptan.go.id/index.phpoption=com_content&task=view&id=49&Itemid=9 pada tanggal 14 Februari 2008 pukul 10.00 WIB.

BP3K Kecamatan Banjarsari, 2012. Laporan Tahunan BP3K Kecamatan Banjarsari Tahun 2013. Ciamis.

Daniel, M. 2002. Pengantar ekonomi pertanian. Bumi aksara, Jakarta.

Desa Sindangasih. 2013. Monografi Desa Sindangasih. Kecamatan Banjarsari. Kabupaten Ciamis.

Dinas pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis. 2013. Data Realisasi Padi. Ciamis Hadi, R. M. 2009. Kajian Ekonomi Usaha Penangkaran Benih Padi Unggul. Lampung.

Harahap, S dan Tjahjono, B. 2003. Pengendalian Hama Terpadu. Penebar Swadaya. Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta.PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Dua Belas Jilid 1. Indeks, Jakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Reinjntjes, C, B. Haverkort, dan A. W. Boyer. 2003. Pertanian Masa Depan. Kanisius. Yogyakarta.

Rejeki, S. 2006. Analisis Efisiensi Usaha Tani jahe . Semarang

Ritonga. 2003. Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Sazili, M. 2006. Analisis Sistem Pengadaan dan Pemasaran Benih Padi. Batang Hari, Jambi.

Sawit, H. 2003. Kegagalan Perundingan Pertanian Wto Di Cancun: Peluang Atau Ancaman Ekonomi Rakyat. Jurnal Ekonomi Rakyat. Jakarta.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. Rajawali. Jakarta.

Suswono. 2013. Perencanaan Tenaga Kerja Sektor Pertanian 2012-2014. Jakarta.

Sudiyono. 2004. Pemasaran pertanian. Penerbit Universitas Muhamadiyah Malang.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Suyamto dan Widiarta, I,N. 2010. Inovasi Teknologi Berbasis Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Bogor.

Tjahjono, B, 2003. Pengendalian Hama Terpadu, Penebar Swadaya. Jakarta.

Yandianto. 2003. Bercocok Tanam Padi. M2S. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v1i1.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: