ANALISIS KINERJA SEKTOR PERTANIAN DALAM PEREKONOMIAN WILAYAH DI KOTA BANJAR

Riska Novitasari, Dedi Herdiansah Sujaya, Cecep Pardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja sektor pertanian dan sektor perekonomian lainnya di Kota Banjar, (2) kinerja subsektor pertanian Kota Banjar, (3) kinerja sektor pertanian dan sektor perekonomian lainnya kedepan di Kota Banjar, (4) kinerja subsektor pertanian kedepan di Kota Banjar, (5) faktor utama yang menetukan kinerja sektor petanian dan subsektor pertanian di Kota Banjar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode analisis data sekunder. Data yang dipergunakan adalah data PDRB Kota Banjar dan PDRB Jawa Barat. Analisis yang digunakan adalah analisis Location Quotient (LQ), Dynamic Location Quotient (DLQ), dan Shift Share. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Berdasarkan analisis LQ, kinerja sektor pertanian menjadi sektor basis dalam pertumbuhan perekonomian wilayah di Kota Banjar.2. Berdasarkan analisis LQ, subsektor pertanian yang memiliki kinerja sebagai subsektor basis adalah subsektor perkebunan dan subsektor peternakan.3. Berdasarkan analisis DLQ, kinerja sektor pertanian diperkirakan berubah menjadi sektor non basis dalam pertumbuhan perekonomian wilayah di Kota Banjar. 4. Berdasarkan analisis DLQ, subsektor pertanian yang diperkirakan memiliki kinerja sebagai subsektor basis adalah subsektor perkebunan, peternakan dan perikanan. 5. Berdasarkan analisis shift share, faktor yang menentukan kinerja sektor pertanian dan subsektor tanaman bahan makanan adalah faktor struktur ekonomi, sedangkan faktor yang menentukan kinerja subsektor perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan di wilayah Kota Banjar adalah faktor lokasi.Kata kunci : kinerja, kota banjar, sektor pertanian

Full Text:

PDF

References


L. 2009. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. BPFE UGM. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Jawa Barat. 2013. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Barat Menurut Lapangan Usaha Tahun 2009 - 2011. Bandung.

Badan Pusat Statistik Jawa Barat. 2014. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Barat Menurut Lapangan Usaha Tahun 2010 - 2012. Bandung.

Badan Pusat Statistik Kota Banjar. 2014. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Banjar Tahun 2014. Banjar.

Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Pariwisata. 2014. Visi dan Misi Kota Banjar.

http://banjarkota.go.id/?Fpage_id=52 (online). Diakses tanggal 18 Maret 2015.

Jeany, H. 2013. Jawa Barat: Provinsi Kaya Potensi.

http:/m.kompasiana.com/post/read/530287/3/jawa-barat-provinsi-kaya-potensi.html (online). Diakses tanggal 24 Maret 2015.

Martono, N. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Edisi Revisi). Rajawali Pers. Jakarta.

Martono, T. 2008. Ekonomi Pembangunan. LPP UNS dan UNS Press. Surakarta.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 2014.

Pertanian. http://perwakilan.jabarprov.go.id/artikel/16/pertanian (on-line). Diakses tanggal 24 Maret 2015.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Suyatno. 2000. Analisa Economic Base Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Tingkat II Wonogiri: Menghadapi UU No. 22/1999 dan UU No. 5/1999. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol.1 No. 2 Desember 2000:

– 159. FE Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v2i1.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: