EVALUASI TATA KELOLA DAN KINERJA KELEMBAGAAN KOMISI IRIGASI (KOMIR) KABUPATEN PANDEGLANG

Niken Mareta Rindasari, Julehah Julehah, Neneng Masitoh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengidentifikasi berbagai pencapaian dan realisasi program kerja komisi irigasi, (ii) menilai kinerja kelembagaan komisi irigasi dan (ii) merekomendasikan perbaikan kelembagaan komisi irigasi di Kabupaten Pandeglang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berbagai strategi, diantaranya adalah gabungan antara metode dokumentasi dan survei yang dilengkapi dengan metode observasi. Untuk penilaian kinerja komisi irigasi dengan metode penilaian cepat secara partisipatif terhadap 3 variabel meliputi pembentukan, sekretariat dan pendanaan yang di uraikan kedalam 10 variabel dengan 25 indikator penilaian kinerja komisi irigasi. Komisi irigasi telah melakukan 3 (tiga) sidang komisi irigasi dengan melakukan pengesahan tata tertib sidang dan menyusun Penyusunan dan Penetapan RTTG dan RTTD masa Tanam 2019 – 2020. Hasil penilaian kinerja komisi irigasi mendapatkan nilai skor 70 dengan kategori berkinerja cukup. Penilaian tersebut menjelaskan dalam pengelolaan kelembagaan komisi irigasi terdapat beberapa kendala yang perlu untuk di tingkatkan meliputi ketersediaan tenaga ahli dan narasumber dalam berbagai pelaksanaan kegiatan komisi irigasi, masih rendahnya dukungan pendanaan untuk kegiatan operasional komisi irigasi, dan sekretariat komisi irigasi yang masih bersifat sementara (sewa).

Keywords


Dukungan Pemerintah, Rencana Kerja, Kinerja Komisi Irigasi

References


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pandeglang. (2019a). Keputusan Bupati Pandeglang Nomor 050/Kep.221-Huk/2019 tentang Pembentukan Komisi Irigasi Kabuaten Pandeglang. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pandeglang.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pandeglang. (2019b). Laporan Komisi Irigasi Kabupaten Pandegelag Tahun 2019. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pandeglang.

BPS Kabupaten Pandeglang. (2019). Statistik Daerah Kabupaten Pandeglang 2019. BPS Kabupaten Pandeglang.

Djito. (2016). Merancang Kelembagaan Pengelolaan Irigasi Kedepan. Buletin Infrastruktur Daerah, Tahun 1, Edisi 03, 10–15.

Eko Aristanto. (2020a). Capaian Konsultan Pendukung Dalam Pelaksanaan Program Integrated Participatory Development & Management of Irrigation Program (IPDMIP) di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. Buletin Pembangunan Daerah, Vol. 1, No. 1, 1–5.

Eko Aristanto. (2020b). Pemetaan Aspek Sosial, Ekonomi dan Kelembagaan Sebagai Daya Dukung Pelaksanaan Rehabilitasi Daerah Irigasi (DI) Ciliman Provinsi Banten. LPPM Universitas Merdeka Malang.

Eko Aristanto. (2020c). Profil dan Kinerja Kelembagaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Daerah Irigasi (DI) Ciliman di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang. LPPM Universitas Merdeka Malang.

Eko Aristanto, & Christina Sri Ratnaningsih. (2019). Analisis Kemampuan dan Kemandirian Keuangan Daerah Calon Penerima Pinjaman dan Hibah Luar Negeri Program Air Bersih dan Sanitasi pada Kegiatan Green Book 2018 dan Indikasi Kegiatan Blue Book 2019. LPPM Universitas Merdeka Malang.

Kementerian Dalam Negeri. (2018). Panduan Pemantauan dan Penilaian Kinerja Komisi Irigasi (KOMIR) IPDMIP. Kementerian Dalam Negeri.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2017). Pedoman Pelaksanaan Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kurniasih Budi. (2018, Mei). Pengelolaan Irigasi dan Drainase Dukung Ketahanan Pangan. Kompas.Com. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/12/122105126/pengelolaan-irigasi-dan-drainase-dukung-ketahanan-pangan?page=all

Sekretariat Negara Republik Indonesia. (2006). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2006 tentang Irigasi. Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Tri Bastuti Purwantini, & Rita Nur Suhaeti. (2017). Irigasi Kecil: Kinerja, Masalah dan Solusinya. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 35 No. 2, 91–105.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: