HUBUNGAN FAKTOR KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN LINGKUNGAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI DI PONDOK KOPI UMBUL SIDOMUKTI

Oby Andrean, Lasmono Trisunaryanto

Abstract


Pondok Kopi Umbul Sidomukti merupakan sebuah kedai yang menyediakan minuman kopi yang terletak di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Semarang Jawa Tengah, selain itu juga sebagai tempat wisata yang berkonsep agrowisata. Tujuan utama dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui hubungan antara faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan lingkungan dengan keputusan pembelian minuman kopi di pondok kopi umbul sidomukti. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan metode survei dengan wawancara melalui panduan kuesioner dan data sekunder digunakan sebagai penguat data primer, diperoleh dari pihak Pondok Kopi Sidomukti instansi atau lembaga yang terkait. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Rank Spearman, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 50 responden yang diambil menggunakan metode Accidental Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan lingkungan, memiliki hubungan yang signifikan serta memiliki tingkat hubungan sedang hingga kuat dengan keputusan pembelian minuman kopi di pondok kopi umbul sidomukti.

Keywords


Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Minuman Kopi, Pondok Kopi Umbul Sidomukti

References


Buchari, A. (2000) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Ke. Bandung: Alfabeta.

Daulay, N. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.

Engel, J. F., Blackwell, R. D. and Miniard, P. W. (2001) ‘Perilaku Konsumen, Jilid 2’, Jakarta: Binarupa Aksara.

Kementerian Pertanian (2016) ‘Outlook Kopi Komoditas Pertanian Subsektor Perkebunan’, Pusat Data Dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008) ‘Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1.’, Manajemen Pemasaran.

Kotler dan Amstrong (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I, Erlangga.

Kurniawan, A. and Ridlo, M. R. (2017) ‘Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi’, Jurnal Sosiologi DILEMA.

Lupiyoadi (2011) Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Salemba Empat. doi: 10.1002/cb.84.

Marhaenanto, B., Soedibyo, D. W. and Farid, M. (2015) ‘Penentuan lama SangraKopi Terhadap Variasi Derajat Sangrai Menggunakan Model Warna Rgb Pada Pengolahan Citra Digital (Digital Image Processing)’, Jurnal Agroteknologi.

Pertanian, P. D. dan S. I. (2019) ‘Outlook 2018 Komoditas Pertanian Subsektor Perkebunan Kopi’, Journal of Chemical Information and Modeling. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Ria, R. and Yuliawati, Y. (2018) ‘Hubungan Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lingkungan Dengan Keputusan Pembelian Susu Segar Di Kecamatan Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah’, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. doi: 10.20956/jsep.v14i3.4917.

Sugiyono (2014) ‘Teknik Pengumpulan Data’, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. doi: 10.3354/dao02420.

Sugiyono, P. D. (2014) ‘Populasi dan sampel’, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sunanto (2015) ‘Analisis Pengaruh Faktor Individu, Lingkungan Konsumen, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apotik Sunfarma Tangerang Selatan’, Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3, No.1, pp. 2–26.

Tjiptono, F. and Chandra, G. (2011) ‘Service, Quality & Satisfaction’, in Edisi 4. doi: 10.3389/fgene.2015.00293.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: