PERAN PENYULUH DALAM PENERAPAN INTENSIFIKASI MINAPADI UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN PANGAN PETANI

Dede Tatang, Muhamad Nurdin Yusuf, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). peran penyuluh dalam pendampingan program intensifikasi minapadi; 2). tingkat penerapan program intensifikasi minapadi; dan 3). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat penerapan intensifikasi minapadi pada Kelompoktani Mulyasari di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis dengan metode studi kasus. Pengambilan responden dilakukan dengan menggunakan metode sensus kepada 45 orang anggota Kelompoktani Mulyasari. Data primer dan data sekunder dikumpulkan melalaui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Peran penyuluh dan intensifikasi minapadi dianalisis secara deskriptif dan untuk mengetahui pengaruhnya dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). peran penyuluh dalam melakukan pendampingan intensifikasi minapadi berada pada kategori berperan; 2) intensifikasi komponen inti minapadi berada pada kategori selalu diterapkan; 3). faktor yang berpengaruh terhadap intensifikasi minapadi pada Kelompoktani Mulyasari Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya adalah umur, tingkat pendidikan, pendapatan, luas lahan, dan akses ke pasar output. Sementara faktor peran penyuluh, pengalaman, jumlah keluarga, keikutsertaan dalam kelompoktani dan akses ke pasar input tidak memberikan pengaruh nyata.

Keywords


peran penyuluh, intensifikasi minapadi, kemandirian pangan.

References


Abuasir, S., Hakim, N., & Sumitro, Y. 2004. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Adopsi Sistem Usahatani Minapadi di Desa Pujo Rahayu Kecamatan Belitang Kabupaten OKU. Jurnal Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 1(1) : 30–37.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Das, A. 2013. Integrated Farming: An Approach to Boost up Family Farming. LEISA India. Vol 15 (4) : 56-61.

Diodenha, A. 2011. Persepsi Lingkungan Petani Desa Purwasari, Kec. Dramaga, Kab. Bogor terhadap Penerapan Teknologi Intensifikasi Minapadi (INMIDI). Skripsi. IPB. Tidak Dipublikasikan.

Nurhayati, A., Lili, W., Herawati, T., & Riyantini, I. 2016. Derivatif Analysis of Economic and Social Aspect of Added Value Minapadi (Paddy-fish Integrative Farming) a Case Study in the Village of Sagaracipta Ciparay Sub District, Bandung West Java Province, Indonesia. Aquatic Procedia, 7, pp: 12–18.

Padmowiharjo S. 2006. Penyuluhan Pendampingan Partisipatif. Jurnal Penyuluhan 2:63-64.

Sudirman dan Setiawan. AI. 1999. Mina Padi Budi Daya Ikan Bersama Padi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sujaya, D.H, Hardiyanto, T. Isyanto, A.Y. 2018. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Produktivitas Usahatani Mina Padi di Kota Tasikmalaya. MIMBAR AGRIBISNIS. 2018. 4(1): 25-39.

Surtida, A. P. 2000. Rice-Fish Culture Systems. SEAFDEC Asian Aquaculture, XXII (6), pp:22–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: