PENGARUH PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN BERKUNJUNG DI KAMPOENG BANYUMILI SEMARANG JAWA TENGAH

Devita Christy Putri, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Keputusan konsumen merupakan tahap dalam proses keputusan pembelian, dimana konsumen benar-benar membeli suatu barang atau jasa. Proses keputusan pembelian konsumen meliputi tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Kampoeng Banyumili merupakan agrowisata (restoran, pemancingan dan outbound) yang memiliki panorama alam yang indah yang sedang ramai dikunjungi pengunjung. Tingginya kegiatan pembelian dilihat dari jumlah konsumen yang datang dan melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan konsumen berkunjung di Kampoeng Banyumili. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Februari 2020. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga (X2­), variabel kualitas pelayanan (X3) dan variabel promosi (X4) berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan konsumen berkunjung. Sedangkan variabel produk (X1) dan variabel lokasi (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen berkunjung di Kampoeng Banyumili.

Keywords


Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Konsumen, Kampoeng Banyumili

References


Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I., 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: UNDIP.

Iralisa, Y., 2017. Pengaruh Marketing Mix (Produk, Harga, Lokasi dan Promosi) Terhadap Loyalitas Pelanggan Dunkin Donuts Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Isa, Muzakar, Ahmad Mardalis, dan L. M., 2018. Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan dan Minuman di Warung Hik. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 20, 1.

Kotler, P. dan Amstrong, 2001. Prinsip - Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kriswanto, A. H., 2011. Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Obejek Wisata Dampo Awang Beach Rembang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Kurniasari, N. D. & Santoso, S. B., 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 2, 2337–3792.

Lupiyoadi, R., 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ke-2. Jakarta: Salemba Empat.

Mardiyani, Y. & M., 2015. Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Obejek Wisata Dampo Awang Beach Rembang. Management Analysis Journal, 4 (1), 65–75.

Priyatno, D., 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediacom.

Puspita, D. A., 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Restoran Waroeng Taman Kota Bogor. Skripsi Institut Pertanian Bogor.

Setiadi, N., 2010. Prilaku Konsumen: Perseptif Konterporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Perenada Media Group.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sulistianingrum, U., 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Keputusan Konsumen di Restoran Koki Tappanyaki Express. Yogyakarta. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Tantia, D. R., 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Kualitas Produk Tehadap Keputusan Pembelian Pada Makanan Cepat Saji KFC Coffe Kedaton Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Umar, H., 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Warisan, J. & Harianto, A., 2018. Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Restoran “All You Can Eat” Di Surabaya. [Online].




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: