FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI KOPI DI DESA KERTAMANDALA KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS

Yeni Anggraeni, Iwan Setiawan, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Desa Kertamandala merupakan daerah yang paling banyak menanam kopi robusta jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Kecamatan Panjalu. Walaupun permintaan global dan pasar domestik cukup besar, produktivitas kopi masih sulit untuk ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang memengaruhi produksi kopi robusta di Desa Kertamandala. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode penelitian suatu kasus pada usahatani kopi di Desa Kertamandala Kecamatan Panjalu dengan teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling dan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 15 persen, hasil penghitungan yang diperoleh adalah 44 petani dari 225 petani. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Faktor-faktor yang memengaruhi produksi kopi robusta di Desa Kertamandala adalah luas tanah, jumlah tenaga kerja, umur tanaman, dan jumlah pupuk, baik secara simultan maupun parsial. Cara untuk meningkatkan produksi kopi robusta yaitu para petani harus mengoptimalkan penggunaan tenaga kerja, mengurangi pupuk agar tidak berlebihan yang dapat mengurangi kesuburan tanah, dan intensifikasi lahan.

Keywords


Produksi kopi, fungsi produksi, faktor-faktor

References


Abdurrahman, M. dan Muhidin, S.A. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian (Bidang Sosial-Administrasi-Pendidikan). Bandung: CV Pustaka Setia.

Abimanyu, W., Hadi, S. dan Ridho, A.A. 2018. Studi Komparatif Usaha Perkebunan Kopi Robusta dan Kopi Arabika di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 02(01): 14-23.

Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Panjalu. 2020. Laporan Tahunan. Panjalu.

Badan Pusat Statistik 2018. Provinsi Jawa Barat Dalam Angka. Bandung.

Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis. 2019. Laporan Tahunan. Ciamis.

Fatma, Z. 2011. Analisis Fungsi Produksi dan Efisiensi Usahatani Kopi Rakyat di Aceh Tengah. Tesis. Program Pascasarjana Studi Ilmu Ekonomi Pertanian. IPB Bogor.

Isyanto, A.Y. 2012. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Produksi pada Usahatani Padi di Kabupaten Ciamis. Cakrawala Galuh, 1(8): 1-8.

Isyariansyah, M.D., Sumarjono, D. dan Budiraharjo, K. 2018. Analisis Faktor-faktor Produksi yang Mempengaruhi Produksi Kopi Robusta di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Jurnal Agrisocionomics, 2(1): 31-38.

Mubyarto. 1984. Pengantar Ekonomi Pertanian, Edisi 3. Jakarta: LP3ES.

Ratih, F dan Harmini. 2012. Efisiensi Teknis Usahatani Ubi Jalar di Desa Cikarawang Kabupaten Bogor Jawa Barat. Forum Agribisnis, 2(1): 17-32.

Risandewi, T. 2013. Analisis Efisiensi Kopi Robusta di Kabupaten Temanggung (Studi Kasus di Kecamatan Candiroto). Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 11(1): 87-102.

Santoso, B. 2016. Pendugaan Fungsi Keuntungan dan Skala Usaha pada Usahatani Kopi Rakyat di Lampung. Jurnal Penelitian Agro Ekonomi, 6(1-2), 29-41.

Sudaryati, E. 2004. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Kopi Rakyat di Kabupaten Temanggung. Tesis. Program Pascasarjana Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: