PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK SALE PISANG PADA INDUSTRI “SAHABAT” DI DUSUN CIJOHO DESA MARGAJAYA KECAMATAN SUKADANA KABUPATEN CIAMIS

Nisa Aprilianti, Iwan Setiawan, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Perkembangan industri sale pisang yang ada di Desa Margajaya cukup penting dan menarik untuk diteliti, Sahabat merupakan industri yang berdiri relatif baru dengan memproduksi sale pisang yang cukup besar, jumlah penjualan produk sale pisang pada industri Sahabat belum efesien, karena produk yang dijual sering dikembalikan dalam jumlah cukup banyak oleh reseller. Penelitian ini bertujuan mengetahui ramalan permintaan produk sale pisang pada industri “Sahabat” di Dusun Cijoho Desa Margajaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis pada bulan Maret samapai Desember tahun 2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik agroindustri “Sahabat”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif  dan metode penelitian yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah Single moving average (Rata-rata bergerak tunggal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode single moving average (rata-rata bergerak) untuk Forecast adalah 12.744 bungkus, dengan Mean Absolute Deviation sebesar 1.639 dan Mean Squared Error sebesar 7.658. Hasil ramalan pada bulan Maret dapat dihasilkan pula hasil peramalan atau perkiraan pada tahun 2020.

Keywords


Peramalan, Permintaan, Rata-rata bergerak tunggal, MAD, MSE.

References


Abdul Aziz SR, 2003, Menyusun Rancangan Penelitian Kualitatif dalam Analis data Penelitian Kualitatif, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arie, R.W. dan Salvador, M.P. 2010. Studi Analisis Peramalan dengan Metode Deret berkala. Jurnal Widya teknikal. Vol.18 (2):1-6.

Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ciamis 2020. Daftar Industri Sale Pisang kabupaten Ciamis. Ciamis.

Gusdian, E. Abdul, M. Dan Arifuddin, L. 2016. Peramalan Permintaan Produk Roti Pada Industri “Tiara Rizki” Di Kelurahan Boyaoge Kecamatan Tatanga Kota Palu. Journal of Agrotekbis, 4(1): 97-105.

Heizer, J. dan Render, B. 2015. Manajemen Operasi, Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, Edisi 11, Alih Bahasa : Hirson, K. Ratna, S dan David, W. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Indriastiningsih, E. Dan Anita, O.T. 2016. Analisis Forecasting (Peramalan) Produk Keripik Pisang Kemasan Bungkus. Surakarta.Vol.9(3) : 129.

Ishak, Aulia, 2010, Manajemen Operasi, Edisi Pertama, Graha Ilmu, YogyakartaManahan P. Dan Tampubolon. 2014. Manajen Operasional dan Rantai Pasok. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Nasapi M, dkk. 2014. Peramalan Permintaan Susu Pasteurisasi Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan dan Time Series (Studi Kasus di Koperasi Susu SAE Pujon, Malang). Jurnal EECCIS. 6(1) : 1-12.

Nufawid, A. 2018. Sistem Informasi Peramalan Penjualan Obat Menggunakan Metode Adaptive Response Rate Singel Exponential Smooting. Universita Jember.

Sariani, I. 2013. Analisis Peramalan Penjualan Dan Penggunaan Metode Linear Programming Dan Decision Tree Guna Mengoptimalkan Keuntungan Pada Pt Primajaya Pantes Garment. Jakarta.Journal The Winners. 14(2): 115

Setyawan, E. dkk. 2016. Analisis Peramalan (Forecasting) Produksi Karet (Hevea Brasiliensis) Di Pt Perkebunan Nusantara Ix Kebun Sukamangli Kabupaten Kendal. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian.12(2) :11-1




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: