STRUKTUR DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH DI DESA CAYUR KECAMATAN CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA

Ade Dini, Trisna Insan Noor, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


ABSTRAKSecara umum sumber utama pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Desa Cayur berasal dari sektor pertanian, namun kepemilikan lahan petani mayoritas sempit (<0,5 ha) dan fakta  menunjukkan bahwa produksi usahatani padi sawah memiliki risiko tinggi menyebabkan petani tidak hanya mengandalkan dari satu sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sekaligus menciptakan kesejahteraan keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Struktur pendapatan, 2) Distribusi pendapatan, dan 3) Tingkat kesejahteraan rumah tangga petani padi sawah. Metode yang digunakan adalah survey, teknik penarikan sampel responden menggunakan simple random sampling dengan slovin pada tingkat kesalahan 15 persen dan diperoleh 37 responden petani padi. Struktur pendapatan dihitung menggunakan analisis persentase sedangkan untuk analisis distribusi pendapatan dihitung dengan Gini Indeks serta tingkat kesejahteraan dengan BPS dalam Susenas 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendapatan petani dari usahatani adalah Rp 5.536.114,7,- pendapantan dari non-usahatani adalah Rp 9.742.702,7,- dan non-pertanian adalah Rp 13.039.459,46,-. Struktur pendapatan dari sektor pertanian berkontribusi paling besar yaitu 54%, sedangakn sektor non-pertanian berkontribusi sebesar 46%. 2) Distribusi pendapatan menunjukkan ketimpangan rendah dengan indek gini sebesar 0,09 menunjukkan tidak terjadi ketimpangan pendapatan. 3) Tingkat kesejahteraan rumah tangga petani padi sawah di Desa Cayur seluruhnya dikategorikan tidak miskin. Berdasarkan 11 indikator ekonomi dan sosial (BPS-SUSENAS 2016) sekor rata-rata yang di peroleh adalah 27,9 yang menunjukkan tingkat kesejahteraan seluruh rumah tangga petani termasuk tingkat sejahtera tinggi.

Keywords


Struktur pendapatan, distribusi, indeks gini rasio, kesejahteraan, petani padi, rumah tangga petani.

References


Alfrida, A. Noor, T, I. 2018. Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Padi Sawah Berdasarkan Luas Lahan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh. 4 (3):803-810.

Badan Pusat Statistik. 2014. Jakarta. BPS.

Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kecamatan Cikatomas. 2019. Luas Areal dan Produksi Tanaman Pangan. BP3K.

Martina. Riyandhi, P. 2018. Analisis Tingkat Kesejahteraan Petani Padi Sawah di Kabupaten Aceh Utara. Agrifo. 3(2):27-34.

Nasir, dkk. 2015. Analisis Struktur dan Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Petani di Lahan Rawa Lebak. AGRISEP.14(1):97-107.

Oshima, H.T. 2005. Ketimpangan Pendapatan dan Pertumbuhan Ekonomi. Pengalaman Masa Sesudah Perang di Negara-negara Asia, dalam Teori Ekonomi dan Penerapannya di Asia: Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Pertanian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rachman, H.P. 2013. Struktur dan Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Petani Lahan Sawah diluar Pulau Jawa. Tesis. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Suratiyah, K. 2006. Ilmu usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS). 2016.

Yusuf, M.N. Lies. S. Tuhpawana, P.S. Nono. C. 2017. Struktur Pendapatan dan Pengeluaran Rumah Tangga Petani Padi Sawah di Daerah Rawan Banjir Kabupaten Pangandaran. Universitas Galuh Ciamis dan Universitas Padjadjaran Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: