ANALISIS PENDAPATAN AGROINDUSTRI OPAK KETAN SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP TOTAL PENDAPATAN RUMAH TANGGA PERAJIN (Suatu kasus pada Kelurahan Kota Baru Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya)

Riza Rizki Anshory, Iwan Setiawan, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Agroindustri merupakan penggerak utama perkembangan sektor pertanian yang diharapkan dapat menciptakan kondisi yang saling mendukung industri maju, serta berperan dalam penciptaan lapangan kerja baru, dan perbaikan distribusi pendapatan sehingga melalui pengembangan pengolahan produk pertanian dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian di Indonesia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Besarnya biaya yang di keluarkan yang di keluarkan oleh perajin opak ketan di Kelurahan Kota Baru Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, 2) Besarnya pendapatan agroindustri opak ketan per bulan di Kelurahan Kota Baru Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya, 3) Kontribusi pendapatan agroindustri opak ketan per bulan terhadap pendapatan keluarga di Kelurahan KotaBaru Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey di Kelurahan Kotabaru. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis biaya, penerimaaan, pendapatan dan kontribusi pendapatan agroindustri opak ketan. Hasil dari penelitian menunjukan: 1) Besarnya Rata-rata biaya total yang dikeluarkan oleh pengrajin opak ketan di Kelurahan Kotabaru Kecamatan Cibereum pada agroindustri opak ketan per satu kali proses produksi adalah Rp 850.827.-; 2) Rata-rata pendapatan total yang diperoleh pengrajin opak ketan di Kelurahan Kotabaru Kecamatan Cibereum pada agroindustri opak ketan per satu kali proses produksi adalah Rp 607.506,-; 3) Kontribusi pendapatan rata-rata responden dari agroindustri opak ketan adalah 78,02 % (Rp 4.860.049,-).  

Keywords


pendapatan, kontribusi pendapatan,agroindustri, opak ketan

References


Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta

Achmad Djaeni Sediaoetama: Ilmu Gizi, (1989), Penerbit Dian Rakyat, Jakarta

Ahmad. 2011. Analaisis Usaha Tani Padi Jenis Padi Ketan Putih. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Mnajaemen Institut Pertanian Bogor.

Alinna, Listyani, Zubaidah, Elok (2015). Formulasi Opak Bekatul Padi (Kajian Penambahan Bekatul dsan Proporsi Tepung Ketan Putih:Terigu). FTP: Universitas Brawijaya

Andistrian, Andri. 2014. Kajian Karakteristik Sensoris dan Fisikokimia Opak Ketan (oryza sativa glutinosa) yang Difortifikasi dengan Kacang Hijau. Universitas Sebelas Maret.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

C. Muslim, dan C.R. Adawiyah. 2011. Panel Petani Nasional (Patanas): Dinamika Indikator Pembangunan Pertanian dan Perdesaan di Wilayah Agroekosistem Lahan Kering Berbasis Sayuran dan Palawija. Laporan Penelitian. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tasikmalaya. 2019. Data Sentra Industri Kecil dan Menengah Opak Kelapa 2019. Tasikmalaya

El Hadi, R. M., Tripiawan, W., & Saedudin, R. (2017). Implementasi Alat Cetak Mekanis Opak Ketan Guna Meningkatkan Produktivitas (Studi Kasus: IKM Opak Ketan, Sumedang). Prosiding SNTI dan SATELIT 2017 (pp. C103-107).

Godam, 2012. Isi Kandungan Gizi Gelatin-Komposisi Nutrisi Bahan Makanan.

Husodo. 2009. Pertanian Mandiri. Penebar Swadaya. Jakarta.

Inding. 2018. Rentabilitas dan Penyerapan Tenaga Kerja Agroindustri Tahu Bulat serta Kontribusinya Terhadap Pendapatan Total Pengrajin di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis. Jurnal.

Irfan. 2015. Kontribusi Penerimaan Usaha Gula Kelapa Terhadap Penerimaan Total Keluarga Perajin. Universitas Galuh Ciamis. Jurnal.

Mulyadi, (2015), Akuntansi Biaya Cetakan Ketigabelas, Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Rahim, A. Dan Hastuti. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus).Penebar Swadaya. Jakarta.

Purnomo, E. 2005. Tingkat Pendapatan dan Kesejahteraan Peserta Program Perhutanan Sosial Masyarakat Desa Cibingbin Kabupaten Kuningan Jawa Barat. UNWIM. Bandung

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suratiyah, K. 2006.Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.

_____. 2015. Ilmu Usahatani Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Swadaya

Wibowo (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wahyono, Budi.2017.”Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Bantul kabupaten Bantul”.Jurnal Pendidikan Ekonomi. No. 4, Vol. 6

Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling Studi & Karir. Yogjakarta: Andi

Yulida ,Roza.2010. Kontribusi Wanita Pekerja Agroindustri Nenas Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Di Desa Kuwalu Nenas Kecamatan Kuwalu Kabupaten Kampar. Fakultas Pertanian Universitas Riau. Jurnal.

Zulfikar, 2017. Kontribusi pendapatan Agroindustri Gula Kelapa Terhadap Pendapatan Total Keluarga Pengarajin. Universitas Galuh. Jurna.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: