HUBUNGAN TINGKAT COPING DENGAN TINGKAT KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN (Suatu Kasus di Kecamata Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis)

Ratih Ambarsari, Agus Yuniawan Isyanto, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Kemiskinan mengakibatkan kerawanan pangan pada rumah tangga miskin di Kecamatan Cihaurbeuti, terdapat dua indikator dalam mengukur ketahanan pangan pada rumah tangga, yaitu kecukupan ketersediaan pangan dalam rumah tangga dan kualitas/ keamanan pangan rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) menganalisis ketahanan pangan rumah tangga miskin, 2) Menganalisis coping strategy yang dilakukan rumah tangga miskin, 3) Menganalsisis hubungan tingkat coping strategy dengan tingkat ketahanan pangan rumah tangga miskin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu menyebar kuisioner dan melakukan wawancara. Rumah tangga miskin yang terlibat dalam penelitian berjumlah 45 kepala keluarga. Hasil penelitian menunjukan, 1) Kondisi ketahanan pangan rumah tangga miskin di Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis dilihat dari pangsa pengeluaran pangannya tergolong rendah atau rawan pangan, 2) Coping strategy yang dilakukan rumah tangga miskin di kecamatan cihaurbeuti kabupaten ciamis secara umum rata-rata berkategori  sedang, 3) Terdapat hubungan yang signifikan positif antara Coping strategy dan ketahanan pangan.

Keywords


rumah tangga miskin, coping strategy, ketahanan pangan

References


Badan Pusat Statistik, 2019, Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2019, Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Yusuf, M.N. 2018. Strategi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Dalam Menghadapi Risiko(Suatu Kasus Pada Petani Padi di Daerah Rawan Banjir Kabupaten Pangandaran Propinsi Jawa Barat) (Disertasi). Universitas Padjajaran Bandung.

Zainun M. 2002. Strategy coping. http://www.e-psikologi.com/epsi/search.asp. [15Januari 2019].

Sari, M.R. dan Prishardoyo, B. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi kerawanan pangan rumah tangga miskin di desa wiru kecamatan bringin kabupaten semarang. Jejak Volume 2 No. 2 2009: 135-143.

Yusuf, M.N, Lies S, Tuhwapana P.S danNono C. 2017. Struktur Pendapatan dan Pengeluaran Rumah Tangga Petani Padi Sawah di Daerah

Usfar, A. 2002. Household Coping Strategies for Food Security in Indonesia Andrelation to Nutrition Status:Comparison Before and After The 1997Economic Crisis. Sttutgart: Verlag Grauer, Beuren.

Tanziha, Ikeu. 2005. Analisis peubah konsumsi pangan dan sosial ekonomi rumahtangga untuk menentukan determinan dan indikator kelaparan. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Hanani, N. 2012. Strategi pencapaian ketahanan pangan keluarga. E-Journal Ekonomi Pertanian Volume 1 No. 1 Januari 2012: 1-9. http://nuhfil.lecture.ub.ac.id/files/2012/12/ketahanan-pangan-keluarga.pdf [06-12-2014].




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: